Bugar

Berikut 7 Rebusan Daun Penurun Gula Darah Secara Alami, Mau Coba?

Berikut 7 Rebusan Daun Penurun Gula Darah Secara Alami, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Mengendalikan kadar gula darah menjadi salah satu perhatian utama, terutama bagi mereka yang mengidap diabetes. Salah satu solusi yang dapat Anda coba adalah konsumsi rebusan daun penurun gula darah secara alami.

MomsMoney telah merangkumkan beberapa rebusan daun penurun gula darah secara alami yang dapat Anda coba konsumsi di bawah ini. Merangkum dari Kompas.com dan Health Grid, inilah daftarnya:

1. Daun kelor

Daun kelor termasuk dalam kategori daun yang efektif menurunkan gula darah dengan cepat dan alami. Dikutip dari WebMD, daun kelor yang kaya akan vitamin, mineral, dan kalium ini dapat meningkatkan efektivitas hormon insulin.

Baca Juga: Inilah 17 Makanan yang Dapat Menurunkan Gula Darah, Intip Daftarnya di Sini

2. Daun salam

Menurut penelitian dalam jurnal Clinical Biochemistry and Nutrition, konsumsi 1-3 gram daun salam selama 30 hari bisa memperbaiki fungsi insulin dalam mengatur gula darah.

Daun salam memiliki sifat diuretik yang membantu meningkatkan produksi urine, sehingga membantu mengeluarkan kelebihan glukosa dari dalam tubuh.

3. Daun jambu biji

Melansir dari Indonesia Onesearch, rebusan daun jambu biji dapat dijadikan pilihan alternatif untuk mengurangi kadar glukosa darah pada diabetes mellitus tipe 2.

Senyawa dan serat yang terkandung di dalamnya tidak hanya bermanfaat untuk gula darah, tetapi juga untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Baca Juga: Coba Konsumsi Minuman untuk Menurunkan Gula Darah Berikut Ini, Ada 6 Pilihan

4. Daun kale

Dilansir dari Healthline melaporkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa daun kale mengandung flavonoid antioksidan.

Kandungan tersebut membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat serta mendukung fungsi hormon insulin dalam mengontrol glukosa.

5. Daun mangga

Daun mangga sangat efektif dalam mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes, berkat kandungan 3beta taraxerol dan etil asetat yang mengobati hiperglikemia. Daun ini juga mengandung anthocyanidins, tanin yang bermanfaat dalam pengobatan diabetes dini.

Baca Juga: Apa Penyebab Gula Darah Naik? Ketahui 10 Penyebabnya Berikut Ini

6. Daun sirsak

Daun sirsak dikenal mampu menurunkan kadar gula darah karena mengandung acetogenins. Rebus 7-10 lembar daun dengan empat gelas air sampai berkurang setengahnya, saring dan konsumsi dua kali sehari.

7. Daun sage

Daun sage mendukung pelepasan insulin yang membantu proses pengolahan gula darah menjadi energi lebih efisien, mencegah kenaikan gula darah dan risiko diabetes. Daun sage biasanya dikeringkan terlebih dahulu sebelum direbus atau diseduh seperti teh.

Baca Juga: 11 Tips Menjaga Kesehatan Rahim Wanita untuk Meningkatkan Kesuburan

Itulah beberapa rebusan daun penurun gula darah secara alami yang dapat Anda coba konsumsi. Sebelum mengonsumsi rebusan daun-daun tersebut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, menjalani pengobatan medis dan membuat perubahan gaya hidup, seperti diet seimbang, olahraga rutin, dan tidur yang cukup, adalah kunci dalam mengelola gula darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News