Bugar

Mudah Dilakukan, Ini 10 Cara Kontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Mudah Dilakukan, Ini 10 Cara Kontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

MOMSMONEY.ID - Rupanya Anda juga bisa menerapkan cara kontrol tekanan darah tinggi tanpa obat, lo.

Mengelola tekanan darah tinggi merupakan komponen krusial dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah komplikasi serius seperti stroke. Meskipun obat-obatan sering kali diperlukan untuk kontrol tekanan darah, perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehat dapat berperan signifikan dalam mengelola hipertensi.

Dikutip dari Mayo Clinic, di bawah ini adalah cara kontrol tekanan darah tinggi tanpa obat:

1. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang sehat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Kenaikan berat badan dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah. Dengan menjaga Indeks Massa Tubuh (IMT) dalam kisaran normal, Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko kondisi kesehatan terkait.

Baca Juga: Tekanan Darah Tinggi Turun dengan Konsumsi 9 Sayuran Ini

2. Diet seimbang

Mengadopsi pola makan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan rendah lemak jenuh dapat memainkan peran penting dalam mengelola tekanan darah. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) khususnya direkomendasikan untuk orang dengan hipertensi.

3. Batasi asupan garam

Sodium yang berlebihan dalam menu makanan Anda dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Mengurangi asupan garam, bahkan sedikit, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cobalah untuk membatasi asupan sodium menjadi kurang dari 2.300 mg per hari, atau lebih sedikit jika mungkin.

Baca Juga: Eksis Jadi Sajian Bulan Puasa, Ini Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

4. Olahraga teratur

Olahraga teratur, seperti berjalan cepat, berenang, atau bersepeda, dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Berusaha untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang.

5. Mengurangi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Batasi konsumsi alkohol sesuai dengan rekomendasi tidak lebih dari satu minuman per hari untuk wanita dan dua minuman per hari untuk pria.

Baca Juga: Wajib Waspada, Inilah Komplikasi Obesitas yang Bahaya untuk Kesehatan

6. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Berhenti merokok tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

7. Kurangi stres

Stres yang berkepanjangan dapat berkontribusi terhadap hipertensi. Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan latihan pernapasan dapat membantu mengurangi stres dan tekanan darah.

Baca Juga: 7 Makanan yang Dilarang untuk Darah Tinggi, Intip Daftarnya!

8. Pantau tekanan darah di rumah

Memonitor tekanan darah secara teratur di rumah dapat membantu Anda dan dokter Anda mengetahui efektivitas strategi pengelolaan yang Anda terapkan. Ini juga dapat memberikan peringatan dini tentang potensi masalah.

9. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada tekanan darah. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam, idealnya 7-8 jam.

Baca Juga: 10 Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat, Ada Pisang dan Kiwi lo

10. Konsultasi dengan profesional kesehatan

Beberapa cara sebelumnya memanglah dapat Anda terapkan untuk mengelola tekanan darah tanpa obat. Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Itulah sejumlah cara kontrol tekanan darah tinggi tanpa obat yang bisa Anda coba. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, Anda dapat memainkan peran aktif dalam mengelola tekanan darah tinggi dan mendukung kesehatan jantung yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News