M O M S M O N E Y I D
Santai

Ini Tren Perjalanan Pelancong asal Malaysia ke Indonesia

Ini Tren Perjalanan Pelancong asal Malaysia ke Indonesia
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - AirAsia MOVE memaparkan temuan soal tren perjalanan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia.           .

Berikut sejumlah temuan dari AirAsia mengenai tren perjalanan favorit turis Malaysia:

1. Millennial dan gen Z jadi penggerak utama

Pelancong Malaysia yang datang ke Indonesia didominasi oleh segmen millennial dan Gen Z, dengan 74% berusia 20 sampai 44 tahun.

Generasi ini dikenal aktif bepergian, haus akan pengalaman baru, dan gemar membagikan momen perjalanan di media sosial.

Hal ini menjadikan mereka penggerak tren digital yang turut memperluas eksposur destinasi Indonesia di ranah daring, menciptakan efek domino bagi promosi wisata secara organik.

Baca Juga: Ini Destinasi Favorit Libur Sekolah, AirAsia MOVE Beri Panduan Perjalanan Efisien

2. Produk lokal diburu oleh warga Malaysia

Riset internal AirAsia MOVE menemukan, jenama kosmetik dan fashion indie Indonesia, kini tengah naik daun di kalangan masyarakat Negeri Jiran. Selain itu, ada pula yang secara khusus datang ke Indonesia untuk membeli bahan kain.

Tren ini mencerminkan wisata belanja, serta interaksi langsung dengan kuliner khas, pasar tradisional, dan produk kriya menjadi magnet tersendiri bagi pelancong asal Malaysia saat berkunjung ke Indonesia.

3. Keterjangkauan harga tetap yang utama

Selama periode kampanye, tercatat lebih dari 5.300 pengguna melakukan pencarian tiket pesawat dari Malaysia menuju Jakarta, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta setiap hari di aplikasi AirAsia MOVE.

Mereka umumnya menghabiskan waktu 2–3 malam di Indonesia, dengan rata-rata pengeluaran Rp 730.000 per malam untuk akomodasi.

Di sisi lain, meningkatnya penggunaan platform OTA seperti AirAsia MOVE membuktikan bahwa kini kemudahan, efisiensi, dan kepraktisan digital dalam mengatur seluruh kebutuhan perjalanan semakin diutamakan.

Baca Juga: 4 Strategi Cerdas Atur Keuangan Liburan Keluarga Tanpa Bikin Kantong Menipis

Sebelumnya, AirAsia MOVE dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menjalin kerjasama sejak Juli hingga Oktober 2025 untuk memperkuat promosi pariwisata Indonesia di pasar Malaysia.

Melalui rangkaian inisiatif digital dan luring terintegrasi, data AirAsia MOVE mencatat peningkatan sebanyak 2.636 turis asal Malaysia, dengan total kunjungan mencapai lebih dari 68.000 orang dalam 50 hari.

Sejalan dengan kampanye utama Kementerian Pariwisata yang bertajuk “Wonderful Indonesia”, kolaborasi bertema #MacamLokal ini mengajak turis Malaysia menikmati kuliner, budaya, alam, dan keramahan masyarakat Indonesia secara langsung.

Kampanye ini diwujudkan dalam berbagai aktivitas, seperti familiarisation trip bersama KOL Malaysia, promo tiket pesawat dan hotel di aplikasi AirAsia MOVE, hingga konten digital yang menyoroti keindahan Nusantara.

Kampanye mencakup kota utama, seperti Jakarta, Medan, dan Surabaya, serta kota wisata, Bandung dan Yogyakarta. Kemitraan ini turut mendukung industri pariwisata lokal, serta memperkuat pelestarian budaya di tengah dinamika kawasan Asean.

Baca Juga: Ide Liburan Tenang di Ubud, Dari Trekking sampai Ritual Melukat

Arbi Wienandar, Country Head AirAsia MOVE Indonesia, mengungkapkan, melalui sinergi antara data, teknologi, dan promosi digital, AirAsia MOVE dapat mendorong peningkatan wisatawan asing, serta pertumbuhan industri lokal secara berkelanjutan.

"Ke depan, AirAsia MOVE terus mendukung visibilitas pariwisata Indonesia ke lebih banyak daerah, serta menarik lebih banyak potensi turis dari kawasan Asean," katanya dalam keterangan resmi Selasa (4/11).

Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, menambahkan, kemitraan dengan AirAsia MOVE merupakan contoh nyata sinergi publik-swasta yang efektif dalam memajukan industri pariwisata nasional.

Dengan peningkatan lebih dari dua ribu wisatawan Malaysia, Kementerian Pariwisata dapat mengidentifikasi pola perjalanan yang lebih spesifik, merancang strategi pemasaran yang lebih relevan, juga memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi yang inklusif dan berkelanjutan di tingkat global.

Selanjutnya: Menkeu Purbaya Temui Pengusaha Garmen dan Tekstil, Apa yang Dibahas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Apakah Roti Gandum Bagus untuk Diet atau Tidak? Cari Tahu di Sini

Banyak ditanyakan, apakah roti gandum bagus untuk diet atau tidak. Ini dia jawaban yang Anda cari!  

Begini Cara Diet Alami dan Sehat Langsing dalam 15 Hari

Adakah cara diet alami dan sehat langsing dalam 15 hari? Yuk, intip pembahasannya di sini!          

6 Minuman untuk Meningkatkan Kolagen yang Bagus bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa minuman untuk meningkatkan kolagen yang bagus bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah itu?   

10 Makanan Tinggi Vitamin C Selain Buah Jeruk, Apa Sajakah Itu?

Ini dia beberapa makanan tinggi vitamin C selain buah jeruk. Kira-kira ada apa saja, ya?              

Ramalan Zodiak Keuangan dan Karier Besok Rabu 26 November 2025: Langkah Profesional

Berikut ramalan zodiak besok Rabu 26 November 2025, dimana energi besar mendorong Anda melakukan langkah profesional dalam karier dan keuangan.

8 Manfaat Rutin Makan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Ada sejumlah manfaat rutin makan kentang bagi kesehatan tubuh, lho. Yuk, cari tahu di sini!           

Bisakah Buah Nanas Menurunkan Kolesterol Tinggi? Ternyata Ini Jawabannya

Sebenarnya, bisakah buah nanas menurunkan kolesterol tinggi atau tidak? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

Dari Ide Sederhana hingga Medali, Ini Kunci Anak Mampu Berprestasi di Olimpiade

​Ajang bergengsi seperti OPSI membuktikan bahwa kemampuan riset anak dapat berkembang pesat bila diarahkan dengan tepat.

6 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu

Ternyata ini dia beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan yang tak banyak orang tahu. Apa sajakah itu?

Scarlett Ungkap Strategi Besarkan Bisnis Hingga Saat Ini

Jangkau pangsa pasar di Indonesia dan luar negeri, begini strategi merek kecantikan Scarlett jalankan bisnisnya