MOMSMONEY.ID - AirAsia MOVE, melalui analisis perilaku pengguna selama libur Lebaran 2025, merangkum tren perjalanan terkini dan memberikan tips perencanaan liburan yang efisien, sesuai dengan kebiasaan wisatawan saat ini.
Amelia Virginia, Marketing Manager AirAsia MOVE Indonesia, menyampaikan bahwa Penang, Bali, Bangkok, dan Manila menjadi destinasi favorit untuk liburan sekolah mendatang. "Ini menandakan tingginya minat terhadap destinasi regional yang ramah untuk keluarga dan pasangan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Jumat (16/5).
Lebih lanjut, ia menekankan bahwa traveler kini semakin selektif dalam mempertimbangkan harga dan kenyamanan, serta memaksimalkan manfaat program loyalitas. "Oleh sebab itu, misi kami adalah membuat seluruh proses perjalanan menjadi lebih mudah diakses dan terjangkau bagi segala kalangan," imbuh Amelia.
Berikut adalah rangkuman tren perjalanan libur Lebaran 2025 dari AirAsia MOVE:
Baca Juga: Menikmati Labuan Bajo dengan Anggaran Terbatas, AirAsia Move Punya Tipsnya
1. Pesan Lebih Awal untuk Harga Terbaik
Lebih dari 65% pengguna memesan tiket pesawat dan hotel dalam 30 hari terakhir sebelum keberangkatan saat libur Lebaran. Data ini mengindikasikan kecenderungan pemesanan last-minute yang berisiko pada harga dan ketersediaan. AirAsia MOVE menyarankan perencanaan perjalanan lebih awal, terutama saat musim puncak liburan, untuk mendapatkan pilihan terbaik.
2. Pemesanan Multi Maskapai Dorong Perjalanan Internasional
Selama libur Lebaran, total jarak penerbangan pengguna AirAsia MOVE mencapai 684 juta kilometer, setara dengan 17 ribu kali mengelilingi bumi. Total durasi penerbangan tercatat 67 juta menit. Dengan opsi lebih dari 700 maskapai global, termasuk AirAsia, Citilink, dan TransNusa, AirAsia MOVE memfasilitasi perencanaan perjalanan internasional dengan rute lanjutan yang lebih efisien dari segi harga dan waktu.
Baca Juga: Ini Jadwal Libur Sekolah pada Bulan Ramadan 2025
3. Manfaatkan AirAsia Points dan Promo untuk Perjalanan Hemat
Pengguna AirAsia MOVE mengumpulkan lebih dari 360 juta AirAsia points selama libur Lebaran, dengan rata-rata penukaran senilai Rp230 ribu per transaksi. Poin ini dapat digunakan untuk tiket pesawat, hotel, hingga produk duty-free dalam aplikasi. Lebih dari 4.000 kode promo juga digunakan, menunjukkan pentingnya program loyalitas dan promo dalam keputusan pembelian. Menanggapi tren ini, AirAsia MOVE kembali menawarkan promo spesial berupa potongan hingga Rp200 ribu untuk bundling SNAP (tiket pesawat + hotel) dan diskon Rp170 ribu untuk pemesanan hotel.
4. Liburan Favorit: Bersama Pasangan atau Keluarga
Sebanyak 71% pemesanan hotel adalah untuk kamar tipe dua orang, dengan rata-rata pengeluaran Rp1,1 juta per malam. Mayoritas wisatawan berasal dari kelompok usia Milenial dan Gen X (24–55 tahun), yang cenderung bepergian bersama keluarga atau pasangan. Fitur bundling SNAP di AirAsia MOVE memungkinkan pengguna menyesuaikan jumlah tiket dan kamar hotel sesuai jumlah tamu secara otomatis. Fitur filter hotel juga membantu pengguna memilih akomodasi sesuai anggaran dan preferensi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News