Bugar

Hindari 4 Makanan Pantangan Asam Urat Ini agar Tidak Kambuh

Hindari 4 Makanan Pantangan Asam Urat Ini agar Tidak Kambuh

MOMSMONEY.ID -  Penderita asam urat tidak boleh makan sembarangan. Yuk, ketahui beberapa makanan pantangan asam urat yang sebaiknya dihindari.

Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah menjadi terlalu tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan kristal asam urat terbentuk dan menumpuk di sendi.

Beberapa faktor seperti genetik dan kondisi kesehatan tertentu bisa memengaruhi kadar asam urat. Namun, menghindari beberapa makanan pantangan juga penting dalam mengelola dan mencegah serangan asam urat.

Lantas, apa saja, sih, makanan pantangan bagi penderita asam urat? Melansir dari Healthline, di bawah ini adalah empat jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Baca Juga: Enggak Pakai Obat, Ini 3 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

1. Makanan hewani dengan purin tinggi

Makanan hewani yang kaya purin berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kadar asam urat. Contohnya adalah daging organ seperti hati, ginjal, dan otak, serta daging merah.

Selain itu, beberapa makanan laut seperti kerang dan ikan kaleng mengandung purin tinggi juga termasuk dalam kategori ini. Mengonsumsi makanan ini dalam jumlah berlebih dapat memicu kenaikan kadar asam urat dalam darah.

Penderita asam urat disarankan untuk membatasi atau menghindari jenis makanan pantangan ini.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Gejala Asam Urat yang Wajib Anda Kenali, Nyeri Sendi Hebat

2. Alkohol

Alkohol memiliki dampak negatif pada penderita asam urat. Mengapa demikian? Alkohol meningkatkan produksi asam urat dan menghambat proses pengeluarannya dari tubuh.

Ini karena alkohol kaya akan purin dan dapat memicu serangan asam urat. Mengurangi konsumsi alkohol atau bahkan menghindarinya sepenuhnya adalah langkah penting dalam mengelola kondisi ini.

Terutama bagi penderita asam urat, menghindari alkohol dapat menjadi langkah penting untuk mencegah kambuhnya kondisi.

3. Minuman manis

Minuman manis, termasuk soda manis dan jus buah, sering kali tinggi kandungan gula tambahan seperti fruktosa. Fruktosa diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Konsumsi berlebihan minuman ini bukan hanya buruk untuk kesehatan umum, tapi juga berkontribusi pada peningkatan risiko serangan asam urat. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi penderita asam urat untuk membatasi atau menghindari minuman manis.

Baca Juga: 10 Obat Alami Asam Urat untuk Mencegah Kambuh Lagi

4. Makanan ringan manis dan ekstrak ragi

Makanan ringan manis seperti kue, permen, dan produk serupa sering kali mengandung tingkat gula yang tinggi. Gula tambahan ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Selain itu, ekstrak ragi yang terdapat dalam makanan seperti sup kalengan juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Makanan dan bahan tambahan ini harus dibatasi oleh penderita asam urat.

Nah, itulah keempat makanan pantangan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Pengelolaan diet adalah kunci dalam mengendalikan asam urat.

Menghindari makanan yang tinggi purin, alkohol, minuman manis, dan makanan ringan manis adalah langkah penting. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rencana diet yang tepat.

Dengan pengelolaan makanan yang baik, penderita asam urat dapat menjalani hidup dengan lebih nyaman dan mengurangi risiko serangan asam urat di masa depan.

Selanjutnya: Hampir 50% Jemaah Melunasi Biaya Haji 2024, Cek Cara Pelunasan Biaya Haji 1445 H

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News