Keluarga

Hati-Hati! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini (8/2) di Indonesia

Hati-Hati! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Hari Ini (8/2) di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Kamis, 8 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi, hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Penuh Kriminalitas, Ini 6 Rekomendasi Dokumenter True Crime Netflix

Ini jam yang perlu dihindari untuk keluar rumah karena ada sinar UV berbahaya:

  • 08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT

Sinar UV berbahaya sedang mulai dirasakan di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku. Sinar UV berbahaya tinggi hingga sangat tinggi sudah dirasakan di Papua.

  • 09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Kini sinar UV berbahaya sedang bergeser ke Sumatera dan Kalimantan. Adapun di Jawa dilanda sinar UV berbahaya tinggi. Di Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Maluku alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Papua. 

  • 10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT

Pada waktu ini hingga dua jam ke depan seluruh wilayah Indonesia mengalami sinar UV berbahaya tinggi hingga ekstrem. Sebaiknya, hindari keluar rumah pada jam ini. 

  • 13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT

Tingkat bahaya sinar UV di Papua, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku sudah turun ke level sedang. Adapun di Sumatera masih merasakan sinar UV berbahaya tinggi hingga ekstrem. Di Jawa sinar UV masih dalam kadar bahaya tinggi hingga sangat tinggi. 

Baca Juga: 7 Makanan Tabu yang Dianggap Membawa Kesialan Sepanjang Tahun

  • 14.00 WIB / 15.00 WITA / 16.00 WIT

Kondisi aman di wilayah Papua, sebagian kecil wilayah Sulawesi, sebagian Maluku. Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Di Sumatera kadar bahaya sinar UV masih dalam rentang tinggi hingga sangat tinggi dalam satu jam ke depan. 

Sebaiknya, hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: US STOCKS - S&P 500 Closes at Record High; Earnings, Rate Outlook in Spotlight

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News