Santai

Hati-hati! Sinar UV Berbahaya Dirasakan di Indonesia Hari Ini (31/1)

Hati-hati! Sinar UV Berbahaya Dirasakan di Indonesia Hari Ini (31/1)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Rabu, 31 Januari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Tawarkan Promo Paket Pernikahan, Santika Best Wedding Deals 2024 Kembali Digelar

Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan mulai pukul 10.00 baik di wilayah barat, tengah, maupun timur Indonesia. Berikut jadwalnya, melansir laman BMKG:

08.00 WIB / 09.00 WITA / 10.00 WIT

Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Kalimantan Utara, Sulawesi, Jawa Timur, sebagian Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di wilayah Maluku dan Nusa Tenggara Timur. Adapun sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Papua. 

09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Sumatera kecuali Aceh, dirasakan juga di Kalimantan dan Jawa Barat hingga Jawa Tengah. Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Kalimantan Utara, Jawa Timur. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Bali. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Papua. 

10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT

Sinar UV berbahaya tinggi dialami di Sumatera. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Jawa dan Kalimantan. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. 

11.00 WIB / 12.00 WITA /  13.00 WIT

Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan Selatan. Sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan di Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, sebagian Kalimantan Timur, Sulawesi, Maluku dan sebagian kecil Papua.

12.00 WIB / 13.00 WITA / 14.00 WIT

Kondisi di berbagai wilayah mulai turun. Namun Sumatera masuh alami bahaya sinar UV level sangat tinggi hingga ekstrem. Sedangkan di Kalimantan Utara dan Tengah masih alami sinar UV berbahaya ekstrem. 

Adapun si Papua, Sulawesi dan Maluku Utara mengalami sinar UV berbahaya tinggi. Di Bali dan Nusa Tenggara masih alami sinar UV berbahaya ekstrem.

Baca Juga: Ini Cara Bikin Ruang Kerja Moms di Rumah Terasa Nyaman!

13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT

Kondisi di Papua berangsur pulih menjadi aman. Sedangkan di Sulawesi, Maluku dan jawa level bahaya turun ke tinggi. Adapun di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sumatera bagian utara masih alami sinar UV berbahaya sangat tinggi.

14.00 WIB/ 15.00 WITA/ 16.00 WIT

Papua, Maluku dan Sulawesi sudah berangsur ke aman. Wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV berbahaya sedang. 

Sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Kinerja Operasional Sejumlah Emiten Sawit Tumbuh Positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News