Keluarga

Sinar UV Berbahaya Ekstrem di Langit Indonesia Sejak Pukul 10.00 WIB

Sinar UV Berbahaya Ekstrem di Langit Indonesia Sejak Pukul 10.00 WIB

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Selasa, 26 Desember 2023, meski telah memasuki musim hujan. 

Sinar UV berbahaya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua. Mulai pukul 09.00 WIT, sinar UV berbahaya capai level tinggi. Namun, kabar baiknya, wilayah Papua hari ini tidak mengalami sinar UV hingga bahaya ekstrem. 

Baca Juga: Bisa Turunkan Berat Badan, Berikut Jenis Teh yang Jadi Minuman Diet Alami

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Selasa, 26 Desember 2023:

  • 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem berada di wilayah sebagian kecil Maluku. Sedangkan sinar UV berbahaya sangat tinggi berada di wilayah Sulawesi, Maluku, Bali dan Nusa Tenggara.
  • 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Sulawesi. Sinar UV berbahaya sangat tinggi berada di wilayah Kalimantan Utara, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah, wilayah kecil Sulawesi.  
  • 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem meliputi wilayah Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku. Sinar UV berbahaya sangat tinggi berada di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Kalimantan Utara dan Jawa. Sinar UV berbahaya tinggi berada di wilayah Sumatera, Kalimantan, Papua dan Sulawesi. 
  • 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem hanya berada di atas langit Samudera Hindia. Sinar UV berbahaya sangat tinggi berada di wilayah Maluku, Sumatera bagian Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara. 

Pada pukul 13.00 WIB, sinar UV yang dirasakan di Indonesia berkisar pada level sedang hingga sangat tinggi. Namun, Papua sudah pada level aman. Kemudian, wilayah Barat Indonesia mulai aman setelah pukul 15.00 WIB. 

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Labu Kuning untuk Kulit, Atasi Flek Hitam

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News