Bugar

7 Urutan Skincare Remaja yang Benar, Kulit Sehat & Cantik

7 Urutan Skincare Remaja yang Benar, Kulit Sehat & Cantik

MOMSMONEY.ID - Jika menggunakan produk skincare sejak usia remaja, Anda harus tahu beberapa urutan skincare remaja yang benar. 

Kulit di usia remaja sudah mulai mengalami perubahan, seperti munculnya jerawat, komedo, dan kulit berminyak berlebih.

Oleh karena itu, perlunya mengetahui urutan skincare dan pemilihan produk yang benar. Dilansir dari cnfstore.com, simak urutan skincare remaja yang tepat di sini, yaitu: 

1. Sabun cuci muka

Urutan skincare remaja yang pertama adalah sabun cuci muka. Anda tentu harus membersihkan wajah dari kotoran atau sisa makeup yang menempel. Jika dibiarkan, maka akan membuat pori-pori tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat dan komedo.

Apapun jenis kulit Anda, pilihlah sabun cuci muka dengan kandungan ringan dan efektif mengangkat kotoran serta minyak berlebih di wajah.

Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka dua kali sehari, di pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Untuk hasil pembersihan wajah yang maksimal, gunakan teknik double cleansing.

Langkah pertama adalah membersihkan kulit dengan micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm. Kemudian, langkah kedua dengan menggunakan second cleanser atau face wash yang disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat, Anda bisa pilih face wash dengan kandungan anti-acne atau anti-bakteri seperti salicylic acid dan tea tree oil.

Sedangkan untuk kulit kering, pakailah face wash yang gentle dan mengandung bahan-bahan alami yang melembapkan seperti hyaluronic acid, aloe vera atau face wash yang tidak mengandung atau minim busa. 

Baca Juga: Cara Buat Spotify Wrapped 2023, Bagikan Kilas Balik Akhir Tahun

2. Toner wajah

Urutan skincare remaja berikutnya adalah toner wajah. Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel di wajah pada tahap membersihkan wajah.

Selain itu, toner wajah juga bermanfaat membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat mencuci wajah. Perlu diingat bahwa mencuci wajah sampai terasa kesat tidak menandakan kulit kamu bersih sempurna.

Bahkan jika membiarkan kulit kering dan terasa kesat setelah mencuci wajah, akan membuat kulit Anda dehidrasi. Oleh karena itu, tahap setelah membersihkan kulit adalah menghidrasi kulit dengan hydrating toner.

Produk skincare ini membantu untuk melembapkan dan menyegarkan kulit setelah mencuci wajah. 

3. Pelembap wajah

Anda bisa lanjutkan dengan pemakaian produk pelembab wajah. Pelembap bermanfaat untuk membuat kulit terhidrasi, terasa kenyal serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus.

Menjaga kelembapan kulit wajah juga harus dilakukan termasuk untuk kulit berminyak. Aturan pemakaian pelembap dengan mengoleskan pelembap dua kali sehari di area wajah secara merata.

Gunakan produk pelembap sesuai dengan jenis kulit serta masalah kulit yang dialami. Untuk kulit kering, gunakan moisturizer dengan tekstur creamy atau oil based. Khusus kulit berminyak, pilihlah moisturizer gel based agar kulit senantiasa terhidrasi.

Baca Juga: Berapa Kali Sebaiknya Rutin Gym & Pentingkah Adanya Rest Day?

4. Sunscreen

Jangan lupa gunakan sunscreen setiap hari, ya. Pastinya, Anda tidak ingin memiliki kulit kusam bahkan mengalami sunburn karena sinar Matahari.

Oleh karena itu, penggunaan face sunscreen sehari-hari menjadi tahapan perawatan kulit wajah yang tidak kalah wajib dilakukan.

Meskipun lebih sering beraktivitas di dalam ruangan, Anda tetap dianjurkan memakai sunscreen karena paparan sinar Matahari masih dapat menembus ke dalam ruangan.

Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 guna melindungi kulit dari paparan sinar Matahari.

Jika akan pergi ke luar ruangan, pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelumnya agar sunscreen dapat meresap dengan baik. Jika diperlukan, Anda bisa reapply sunscreen dalam 2 hingga 3 jam sekali.

5. Eksfoliasi wajah

Pentingnya melakukan eksfoliasi atau scrub wajah 1-2 kali dalam seminggu. Tahapan perawatan kulit wajah ini bertujuan untuk menuntaskan penyumbatan pori-pori yang seringkali terjadi pada usia remaja.

Eksfoliasi wajah dengan produk skincare khusus bisa membantu pengelupasan sel kulit mati agar tidak terjadi penyumbatan pori-pori. 

Baca Juga: Promo Berhadiah Indomaret 1-15 Desember 2023, Parfum hingga Camilan Beli 1 Gratis 1

6. Lip balm

Urutan skincare remaja selanjutnya adalah lip balm. Lip balm bermanfaat untuk menjaga kelembapan bibir sekaligus menjaga bibir agar tidak pecah-pecah.

Anda bisa memakan tinted lip balm agar bibir lembap sekaligus lebih cerah dan berwarna natural. Cocok sekali digunakan untuk sehari-hari agar penampilan Anda tidak terlihat pucat. 

7. Face mask

Urutan skincare remaja lainnya adalah face mask. Anda bisa memanjakan kulit wajah dengan berbagai produk face mask. Gunakan face mask sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. 

Sekarang Anda sudah tahu urutan skincare remaja yang benar. Perlu selalu diingat bahwa jenis dan kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. 

Namun, urutan pemakaian skincare remaja dan produk ini perlu menyesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah sehingga hasilnya maksimal. 

Selanjutnya: Pekan Kelima November 2023, Dana Asing Masuk Rp 15,92 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News