Bugar

Hanya Perlu Seminggu, Begini 12 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mengganggu

Hanya Perlu Seminggu, Begini 12 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mengganggu

MOMSMONEY.ID - Perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan. Meskipun sulit untuk mendapatkan hasil yang signifikan dalam waktu seminggu, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mengurangi perut buncit dengan cara yang sehat. Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut buncit dalam seminggu?

Melansir dari laman Dokter Sehat, di bawah ini adalah 12 cara mengecilkan perut buncit dalam seminggu:

1. Mengurangi Asupan Kalori

Cara efektif pertama untuk mengurangi perut buncit adalah dengan mengontrol asupan kalori harian. Mengonsumsi makanan yang lebih rendah kalori dan menghindari kelebihan kalori adalah kunci.

Sebuah pengurangan kalori yang sehat adalah sekitar 500–1,000 kalori per hari, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan sekitar 0.5-1 kilogram per minggu. Pilihlah makanan seperti kentang rebus, telur, ikan, keju, kaldu, dan oatmeal untuk menu diet Anda.

Baca Juga: Manfaat Minyak Jagung untuk Kolesterol, Intip 5 Pilihan Minyak Sehat Lainnya

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Minum cukup air setiap hari dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi sembelit, dan membantu mengatasi perut kembung. Minum air sebelum makan juga dapat membantu Anda merasa lebih cepat kenyang dan meningkatkan penyerapan nutrisi, yang secara tidak langsung dapat menghempas perut buncit.

3. Mengurangi Pembentukan Gas

Gas dalam perut, yang sering berasal dari soda, alkohol, minuman berkarbonasi, dan mengunyah permen karet, bisa membuat perut tampak lebih besar. Untuk mendapatkan perut yang rata, hindari minuman berkarbonasi dan batasi mengunyah permen karet.

Baca Juga: 11 Buah Penurun Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

4. Makan Lebih Banyak Serat

Mengonsumsi lebih banyak serat, khususnya serat larut, dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi kalori yang diserap oleh tubuh. Setiap peningkatan konsumsi serat sebanyak 10 gram dapat mengurangi lemak perut hingga 3,7% dalam jangka panjang.

5. Konsumsi Makanan Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal

Asam lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam alpukat, daging sapi, daging olahan, minyak zaitun, kacang, dan biji-bijian, adalah lemak baik yang dapat mencegah penumpukan lemak berbahaya di perut dan mengurangi risiko obesitas.

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 6 Pilihan Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

6. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu mengurangi penumpukan lemak berbahaya di perut. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel secara teratur dapat mengurangi ukuran pinggang.

7. Tingkatkan Konsumsi Protein

Protein membantu membentuk massa otot dan mengenyangkan lebih lama, yang dapat mengurangi kecenderungan untuk makan berlebih. Sumber protein yang baik termasuk susu, telur, daging sapi, yogurt, dada ayam, dan ikan tuna.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini 5 Alasan Gula Tidak Baik untuk Tubuh Anda

8. Mengurangi Stres

Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol, yang meningkatkan nafsu makan dan dapat memicu penumpukan lemak di perut. Lakukan kegiatan yang mengurangi stres seperti meditasi, olahraga, atau hobi untuk membantu mengelola tingkat stres Anda.

9. Aktif Bergerak

Jika gerakan olahraga terasa berat, cobalah untuk lebih aktif dalam kegiatan sehari-hari. Sebagai contoh, berjalan lebih sering, menggunakan tangga daripada lift, berdiri lebih lama, atau sering mengubah posisi duduk.

Konsistensi dalam melakukan aktivitas fisik sederhana ini, bersamaan dengan mengikuti diet sehat, dapat membantu mengecilkan perut dalam waktu satu minggu.

Baca Juga: Apakah Melon Bagus untuk Diet? Intip 8 Buah Terbaik untuk Diet Lainnya, yuk

10. Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan aktivitas fisik yang sederhana dan efektif. Studi menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 30-40 menit atau mencapai sekitar 7.500 langkah setiap hari bisa secara signifikan mengurangi lemak di area perut dan pinggang.

11. Gerakan Kardio

Untuk mengecilkan perut dalam seminggu, lakukan latihan kardio. Riset menunjukkan bahwa kardio adalah metode yang sangat efisien untuk membakar kalori, mengencangkan otot perut, memperkecil lingkar pinggang, dan meratakan perut.

Disarankan melakukan kardio selama 20-40 menit per hari, dengan aktivitas seperti berjalan cepat, berenang, melompat tali, bersepeda, berlari, atau zumba.

Baca Juga: 12 Buah Paling Bergizi yang Bagus untuk Kesehatan Anda, Cek Ada Apa Saja!

12. Latihan Otot Inti

Latihan otot inti bertujuan untuk membakar kalori dan mengkonversinya menjadi otot, melibatkan otot perut dan punggung. Beberapa latihan yang bisa dilakukan termasuk plank, pull up, headstand, leg raise, dan crunches.

Demikianlah 12 cara mengecilkan perut buncit dalam seminggu yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News