Bugar

Jangan Diabaikan, Ini 5 Alasan Gula Tidak Baik untuk Tubuh Anda

Jangan Diabaikan, Ini 5 Alasan Gula Tidak Baik untuk Tubuh Anda

MOMSMONEY.ID - Manis dan lezat, kenyataannya gula tidak baik untuk tubuh Anda. Yuk, ketahui alasan gula tidak baik untuk tubuh di sini.

Saat ini, hampir semua makanan atau minuman mengandung gula. Tidak dipungkiri, gula memang menawarkan cita rasa manis dan lezat.

Bahkan tidak jarang muncul keinginan lagi dan lagi setelah mengonsumsi gula. Namun, kenyataannya gula tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Melansir dari Medical News Today, di bawah ini adalah beberapa alasan gula tidak baik untuk tubuh Anda:

1. Tidak memberikan nutrisi esensial

Gula tambahan tidak mengandung vitamin atau mineral apapun, hanya menyediakan kalori kosong. Menambahkannya ke dalam makanan dan minuman meningkatkan jumlah kalori tanpa memberikan manfaat nutrisi.

Berbeda dengan makanan yang mengandung gula alami seperti buah dan produk susu, yang dicerna lebih lambat dan memberikan energi serta nutrisi lain seperti serat dan vitamin.

Mengonsumsi banyak kalori kosong ini dapat merusak kesehatan karena menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dan masalah kesehatan lebih lanjut.

Baca Juga: Menilik Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Ada 7 Khasiat Tersembunyi

2. Berpotensi meningkatkan berat badan

Konsumsi gula berlebihan sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Makanan dan minuman manis biasanya tinggi kalori dan tidak memberikan rasa kenyang yang tahan lama, bisa mengarah pada konsumsi kalori berlebih.

Ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa gula berperan dalam kenaikan berat badan. Penelitian pada tikus pada tahun 2011 menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dan gula bisa menyebabkan resistensi leptin, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Walaupun gula sendiri tidak menyebabkan diabetes, makanan atau minuman yang tinggi kalori dari gula dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Minuman manis sangat bermasalah dalam hal ini.

Sebuah meta-analisis menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi satu sampai dua minuman manis setiap hari memiliki risiko 26% lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsinya.

Baca Juga: Rontokkan Kolesterol Jahat, Ini 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

4. Dapat merusak gigi

Gula mempromosikan pertumbuhan bakteri yang membentuk plak di gigi. Interaksi antara bakteri dan gula menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi, yang jika terjadi berulang-ulang, dapat menyebabkan gigi berlubang.

5. Menyebabkan penyakit jantung

Makanan yang tinggi gula juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Penelitian selama 15 tahun menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak gula tambahan dalam diet mereka lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung.

Minuman manis, khususnya, dianggap berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung karena tinggi kalori dan tidak memuaskan rasa lapar.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Teh Terbaik untuk Asam Lambung, Bebas Kafein!

Nah, demikianlah alasan gula tidak baik untuk tubuh Anda. Mengurangi asupan gula adalah salah satu langkah yang bisa diambil untuk menjaga kesehatan yang lebih baik dan menghindari risiko penyakit kronis.

Konsumsi gula yang bijaksana bersama dengan pola makan seimbang dan olahraga yang cukup adalah kunci untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News