Bugar

12 Buah Paling Bergizi yang Bagus untuk Kesehatan Anda, Cek Ada Apa Saja!

12 Buah Paling Bergizi yang Bagus untuk Kesehatan Anda, Cek Ada Apa Saja!

MOMSMONEY.ID - Buah-buahan adalah makanan sehat yang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga penuh dengan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan optimal. Pernahkah Anda bertanya, sebenarnya buah paling bergizi yang bagus untuk kesehatan itu apa saja?

Melansir dari Medical News Today, inilah daftar buah paling bergizi yang bagus untuk kesehatan Anda:

1. Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik yang mendukung kesehatan jantung dan membantu mengatur tekanan darah. Pisang juga menyediakan energi serta serat yang mendukung pencernaan.

Baca Juga: Bikin Umur Panjang, yuk Olahraga Naik Turun Tangga yang Menyehatkan Jantung

2. Alpukat

Alpukat kaya akan asam oleat, lemak sehat yang dapat menurunkan kolesterol. Juga sumber potasium yang baik, alpukat mendukung kesehatan jantung.

3. Blueberry

Terkenal dengan kandungan antosianinnya, blueberry mendukung kesehatan jantung dan menawarkan perlindungan terhadap penyakit kronis.

4. Lemon

Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang membantu membersihkan radikal bebas dan menawarkan perlindungan terhadap penyakit seperti kanker. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antidiabetes berkat kandungan flavonoidnya.

Baca Juga: Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

5. Stroberi

Buah beri merah ini tidak hanya lezat tetapi juga penuh dengan nutrisi seperti vitamin C, mangan, dan folat, serta flavonoid yang mendukung kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dikaitkan dengan risiko serangan jantung yang lebih rendah.

6. Jeruk

Dikenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan dan penyerapan zat besi dari makanan. Serat pektin dalam jeruk juga mendukung kesehatan usus.

7. Jeruk Nipis

Sama seperti lemon, jeruk nipis kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antibakteri. Jus jeruk nipis sering digunakan untuk menambahkan rasa pada makanan dan minuman.

8. Grapefruit

Kaya akan vitamin C dan flavonoid, grapefruit dapat membantu melawan stres oksidatif dan mungkin mendukung kesehatan tulang. Namun, penting untuk dicatat bahwa grapefruit dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

9. Blackberry

Tinggi serat dan vitamin C, blackberry membantu meningkatkan kesehatan usus dan jantung. Kandungan anthocyanin di dalamnya juga mendukung kesehatan jantung.

10. Apel

Apel kaya akan serat, vitamin C, dan berbagai antioksidan yang mendukung kesehatan jantung dan pencernaan. Buah ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

11. Delima

Delima dikenal karena tingginya antioksidan dan polifenol yang mendukung kesehatan jantung dan melindungi terhadap beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Catat ya! Ini 15 Makanan Tinggi Protein untuk Diet yang Dapat Anda Konsumsi

12. Nanas

Sumber bromelain yang baik, nanas dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung pencernaan yang sehat.

Demikianlah daftar rekomendasi buah paling bergizi yang bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News