Bugar

Terapkan, yuk! Begini Cara Menghentikan Kecanduan Gula yang Efektif

Terapkan, yuk! Begini Cara Menghentikan Kecanduan Gula yang Efektif

MOMSMONEY.ID - Jaga kesehatan Anda, yuk, ikuti cara menghentikan kecanduan gula yang efektif berikut ini!

Kecanduan gula adalah masalah yang banyak orang hadapi tanpa disadari. Gula yang terdapat dalam makanan dan minuman tidak hanya membuat kita merasa senang, tetapi juga bisa membuat kita ketagihan.

Jika dibiarkan, kecanduan gula dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Kecanduan Gula dan Bahayanya bagi Kesehatan Tubuh Anda

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghentikan kecanduan gula yang efektif. Melansir dari Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

1. Makan Makanan Seimbang

Mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran per hari, serta makanan yang kaya protein dan serat, dapat membantu menstabilkan kadar gula darah Anda.

2. Jangan Melewatkan Makan

Melewatkan makan, baik karena kesibukan atau lainnya, bisa membuka pintu keinginan untuk makan gula. Ketika Anda melewatkan makan, tubuh akan merasa sangat lapar, dan Anda mungkin cenderung makan berlebihan ketika akhirnya makan.

Baca Juga: Sehat dan Terjangkau, Ini Segudang Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh

3. Rencanakan dan Persiapkan Makanan

Penting untuk merencanakan daftar belanjaan, membeli bahan makanan yang mudah dipersiapkan, dan menyusun rencana makan untuk setiap hari dalam seminggu. Hal ini akan membantu Anda tetap pada jalur dan menghindari godaan makanan manis.

4. Luangkan Waktu untuk Bergerak

Hormon stres memainkan peran besar dalam keinginan akan gula. Olahraga adalah cara yang efektif untuk meredakan stres dan mengurangi keinginan untuk makan manis.

Selain itu, olahraga juga dapat menurunkan kadar ghrelin, hormon yang memicu rasa lapar, serta membantu Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini pada gilirannya dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula.

Baca Juga: Wajib Tahu! Beginilah Gejala Penyakit Asam Urat yang Paling Umum

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan berperan dalam mengendalikan keinginan makan gula. Dua hormon di perut, leptin dan ghrelin, mengatur rasa kenyang dan lapar.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar ghrelin, yang membuat Anda merasa lebih lapar dan lebih mungkin menginginkan makanan manis.

6. Minum Banyak Air

Terkadang, rasa haus bisa disalahartikan sebagai rasa lapar. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum cukup air sepanjang hari.

Hidrasi yang baik dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi lonjakan dan penurunan gula yang tajam, sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi gula.

Baca Juga: Mengulik Khasiat serta Cara Minum Chia Seed untuk Diet Menurunkan BB

7. Tuliskan Asupan Makanan Anda

Tanpa disadari, Anda mungkin sering mengonsumsi makanan manis. Mencatat asupan makanan Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi kebiasaan buruk dan mengelola konsumsi gula.

Itulah beberapa cara menghentikan kecanduan gula yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat 1-7 September 2024, Sampo Clear Diskon Rp 25.100

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News