Keluarga

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap, Oleskan pada Ketiak

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap, Oleskan pada Ketiak

MOMSMONEY.ID - Kehabisan deodorant? Coba 5 bahan alami untuk menghilangkan bau badan tak sedap.

Banyak yang mengira bahwa bau badan tidak sedap berasal dari keringat. Faktanya, menurut penelitian, keringat justru tidak berbau.

Namun, saat keringat berinteraksi dengan bakteri di kulit, itu bisa menghasilkan bau badan tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau badan tidak sedap secara instan, deodorant memang sangat membantu. Kendati demikian, pemakaian deodorant dalam jangka panjang tidak disarankan.

Sebagai alternatif deodorant, Anda bisa mencoba 5 bahan alami untuk menghilangkan bau badan tidak sedap, yang MomsMoney rangkum dari BeBeautiful berikut ini:

Baca Juga: 7 Kesalahan Memakai Clay Mask yang Sering Terjadi, Bikin Hasil Engga Maksimal!

1. Cuka apel

Cuka apel

Bahan alami untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang pertama adalah cuka apel.

Cuka apel atau apple cider vinegar bersifat asam dan memiliki sifat antimikroba. Bahan serbaguna ini mampu menetralkan lingkungan di area ketiak sekaligus menghancurkan bakteri.

Cuka apel dapat mencegah bakteri penyebab bau badan tidak sedap dengan cara menurunkan ph di area ketiak. Berkat sifat astringennya, cuka apel juga bisa membantu menutup pori-pori dan mengurangi produksi keringat.

Penggunaan cuka apel secara teratur dapat membantu mencegah penumpukan bakteri di ketiak. Cukup celupkan kapas ke dalam cuka apel kemudian gosokkan pada ketiak sebanyak 2 kali sehari.

Anda juga bisa melakukan detoksifikasi ketiak dengan mencampurkan cuka apel, minyak kelapa, dan tanah liat bentonite. Setelah tercampur, oleskan masker di area ketiak lalu biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

2. Lemon

Kulit lemon

Bahan alami untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang kedua adalah lemon. Bersifat asam, lemon mampu menyeimbangkan tingkat ph di kulit ketiak.

Keasaman lemon dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit sekaligus mencerahkan ketiak yang gelap.

Untuk menghilangkan bau badan tidak sedap, Anda bisa langsung menggosokkan irisan lemon pada ketiak.

Apabila kulit Anda sensitif, encerkan terlebih dahulu jus lemon dengan air kemudian gosokkan di ketiak menggunakan kapas. Biarkan mengering dan bilas setelah 10 menit. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya karena lemon dapat membuat kulit menjadi kering dan teriritasi.

3. Tomat

Tomat

Bahan alami untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang ketiga adalah tomat.

Tomat memiliki sifat antiseptik alami yang dapat menghancurkan berbagai bakteri termasuk bakteri penyebab bau badan tidak sedap.

Selain itu, tomat juga bisa mengelupas sel-sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori lho Moms.

Gosokkan sepotong tomat atau ekstrak ampasnya lalu oleskan pada ketiak. Setelah 5 menit, bilas hingga bersih menggunakan air.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Lip Cream yang Benar Supaya Awet dan Tidak Mudah Luntur

4. Teh

Teh celup

Bahan alami untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang keempat adalah teh.

Teh terkenal dengan sifat antioksidan dan detoksifikasinya. Plus, teh berkhasiat untuk mengatasi bau badan tidak sedap.

Kandungan tanin yang ada di dalam teh dapat membantu menjaga kulit tetap kering dan mencegah pembentukan keringat, sehingga mengurangi kemungkinan bau badan.

Ambil teh celup lalu celupkan ke dalam air hangat. Setelah benar-benar basah, tempelkan kantong teh celup pada ketiak. Tunggu selama 5 menit sebelum dibilas.

5. Baking soda

Baking Soda

Bahan alami untuk menghilangkan bau badan tidak sedap yang kelima adalah baking soda.

Baking soda atau soda kue mampu membantu menetralkan bau ketiak dengan menyerap keringat, menyeimbangkan tingkat ph, dan menekan pertumbuhan bakteri.

Anda bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau badan tidak sedap dengan cara ditepuk-tepuk seperti menggunakan bedak. Tepuk-tepukkan baking soda di ketiak dan bersihkan kelebihannya setelah kering.

Atau, buatlah pasta baking soda dengan mencampurkan baking soda dan air secukupnya. Setelah tercampur, oleskan pasta baking soda pada ketiak dan biarkan hingga kering. Bilas ketiak dengan air hangat setelah pasta mengering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News