Keluarga

Cari Tahu Penyebab Bau Badan Tak Sedap Muncul Pada Setiap Orang Yuk!

Cari Tahu Penyebab Bau Badan Tak Sedap Muncul Pada Setiap Orang Yuk!

MOMSMONEY.ID - Ini lo penyebab muncul bau badan tak sedap, mulai dari makanan hingga perubahan hormon!

Melansir Cleveland Clinic, bau badan adalah bau yang Anda hirup saat keringat bertemu dengan bakteri yang ada pada kulit. Keringat sendiri sebenarnya tidak bau, sehingga bakterilah penyebab munculnya bau badan. 

Bau badan bisa tercium manis, asam, tajam atau seperti bawang. Namun yang pasti jumlah keringat Anda tidak mempengaruhi bau badan tidak sedap. Itulah kenapa seseorang bisa memiliki bau badan tak sedap meski tidak berkeringat. 

Baca Juga: Ada Asuransi Jiwa Terbaru, Allianz Life Syariah Resmi Beroperasi

Lalu apa yang menyebabkan bau badan tidak sedap? 
Bau badan tidak sedap bisa muncuk saat bakteri di kulit Anda bertemu dengan keringat. Kulit setiap orang secara alami dipenuhi dengan bakter. 

Nah saat Anda berkeringat, air, garam dan lemak tercampur dengan bakteri dan menyebabkab bau. Baik bau tak enak, harum maupun tak ada bau sama sekali. 

Faktor seperti makanan yang Anda konsumsi, hormon dan pengobatan yang sedang Anda alami bisa mempengaruhi bau badan. Nah kondisi yang disebut hiperhidrosis atau kelebiha keringat bisa menjadi orang yang paling rentan mengeluarkan bau badan tak sedap.

Faktor lain yang menyebabkan bau badan tidak sedap antara lain:

  • Kegiatan seperti olahraga
  • Stres atau mengalami kecemasan
  • Udara yang panas
  • Kelebihan berat badan
  • Genetik

Baca Juga: Kini Nasabah Danamon Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Indomaret

Namun ada beberapa kondisi medis yang juga bisa menyebabkan bau badan tak sedap atau mengalami perubahan. Kondisi tersebut antara lain diabetes, encok, menopause, tiroid yang terlalu aktif, penyakit jantung, penyakit ginjal dan penyakit menular lainnya. 

Kondisi hormon juga ternyata bisa mempengaruhi bau badan. Saat menopause, hormon bisa menyebabkan seseorang memproduksi keringat berlebih sehingga bisa mengubah bau badan. Selain itu bau badan juga bisa berubah saat masa ovulasi untuk menarik pasangan. 

Nah makanan juga bisa menyebabkan bau badan tak sedap. Beberapa makanan yang bisa mempengaruhi bau badan tak sedap antara lain bawang-bawangan, kubis, brokoli, daging merah, kembang kol, MSG, kafein, cabai dan makanan pedas lainnya serta alkohol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News