Keluarga

7 Jenis Roti Populer ala India dari Roti Puri hingga Dosa, Wajib Dicoba

7 Jenis Roti Populer ala India dari Roti Puri hingga Dosa, Wajib Dicoba

MOMSMONEY.ID - Berikut ini aneka jenis roti India yang populer hingga lintas benua.

Masakan India terkenal karena hidangan roti pipihnya yang yang beragi, maupun tidak beragi.

Hingga saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 30 jenis roti India dengan jenis yang berbeda-beda di setiap daerah. Jenis tepung & metode memasaknya pun mempengaruhi hasil roti ini.

Namun dari banyaknya roti India, ada 1 kesamaan yang dimiliki, ialah harus menyiapkan saus kari sebagai cocolan roti-roti ini.

Berikut 7 jenis roti India yang bisa kamu coba, dilansir dari Taste of Home, Guide Michelin, dan Times of India.

Baca Juga: 6 Perbedan Paratha vs Naan, Dua Jenis Roti Pipih Lezat Asal India

Roti Paratha

Paratha atau roti canai

Roti Paratha disebut juga sebagai Roti Canai. Paratha adalah salah satu jenis roti India yang berbentuk pipih, tanpa ragi, dan cara masaknya digoreng.

Roti ini berasal dari kata “parat” & “atta” yang jika disatukan menjadi “Paratha” yang berarti “roti berlapis”. Sebab, roti canai dibuat dengan bentuk adonan berlapis yang disusun hingga bentuknya bundar.

Paratha tersusun dari bahan seperti tepung atta (tepung gandung utuh), tepung maida (tepung serbaguna), ghee / mentega murni, air, dan minyak.

Baca Juga: 10 Jenis Soto di Seluruh Penjuru Indonesia, Soto Lamongan-Soto Banjar

Roti Naan

Roti Naan

Naan adalah roti pipih panggang yang mengandung ragi. Teksturnya tebal & kenyal, terbuat dari tepung serbaguna (Tepung Maida), ragi, dan produk susu. Fermentasi ragi & bahan susu dalam adonan memberikan rasa tajam yang unik & membuat Naan semakin lezat.

Roti Appam

Jenis roti India selanjutnya adalah Appam. Appam adalah pancake mangkuk yang bertekstur lembut, terbuat dari adonan beras & kelapa yang difermentasi.

Populer di India Selatan, bagian sisi Appam bertekstur renyah, namun bagian dalamnya tebal & lembut.

Baca Juga: Benarkah Minum Susu Sebelum Tidur Bikin Cepat Ngantuk? Ini Jawaban Ahli

Roti Puri / Poori

Jenis roti India: roti Puri (Pani Puri)

Puri adalah jenis roti renyah India yang sering dihidangkan dalam masakan terkenal bernama “Pani Puri”.

Roti poori ini berbentuk mungil & akan mengembang saat digoreng, meski tanpa adanya ragi. Teksturnya super renyah & terasa sangat lezat jika disajikan bersama Chana Masala (kari buncil kental) ataupun Korma (daging & sayuran rebus).

Baca Juga: Misteri Penyebab Keju Swiss ala Tom n Jerry Selalu Berlubang, Ternyata Karena Ini

Roti Chapati

Kata chapat dalam bahasa Hindi berarti “tamparan”, sebab roti Chapati ini dibuat dengan dengan menepuk & merentangkan adonan ke atas meja, persis seperti pembuatan martabak telur di Indonesia.

Roti pipih tak beragi ini sangat nikmat jika dicampurkan dengan kuah kari / sup. Rasanya lembut & pedas biasa dijadikan makanan pokok di India.

Roti Bathoora

Jenis roti India: roti Bathura

Bathoora adalah roti beragi goreng yang terkenal, dibuat dari tepung serbaguna (Tepung Maida). Namun sebenarnya jenis roti yang satu ini bisa juga dibuat tanpa perlu ragi.

Roti Bathoora seringkali dipadukan bersama kari buncis. Anda bisa mencoba santap hidangan Chole Bhature  atau Chana Bhatura di restoran/kaki lima di India.

Baca Juga: Spring Rolls vs Egg Rolls vs Summer Rolls, Inilah Perbedaan Sederet Lumpia Khas Dunia

Roti Dosa

Jenis roti India: roti Dosa

Dosa adalah jenis roti India yang terbuat dari nasi fermentasi & miju-miju (kacang lentil merah khas India). Roti ini dibuat menyerupai crepes yang bertekstur garing.

Roti dosa paling cocok dikonsumsi bareng saus kelapa yang menghasilkan rasa super lezat.

Itulah aneka jenis roti India yang terasa makin lezat dipadukan bersama cocolan dari kari India. Tertarik mencoba semua roti di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News