Santai

Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Bahagia dan Subur saat Cuaca Berubah

Cara Menjaga Tanaman Hias Tetap Bahagia dan Subur saat Cuaca Berubah

MOMSMONEY.ID - Saat cuaca sedang mengalami perubahan dari panas ke hujan dan begitu sebaliknya, Anda perlu merawat tanaman hias di rumah agar tetap bahagia dan subur. 

Artikel ini akan memberikan cara menjaga tanaman hias tetap bahagia dan subur saat cuaca berubah. 

Saat kita memasuki bulan-bulan musim dingin, segalanya mulai berubah. Dari cuaca dingin dan hujan hingga hari yang lebih pendek dan penerangan yang kurang. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Gantung yang Bikin Hemat Tempat dan Mudah Dirawat

Jika Anda tidak merawat tanaman hias saat cuaca berubah, maka Anda akan menemui tanaman hias yang layu. 

Nah, untuk itu Anda perlu menyimak cara menjaga tanaman hias tetap bahagia dan subur saat cuaca berubah. 

Mengutip Leafenvy, berikut ini cara menjaga tanaman hias tetap bahagia dan subur saat cuaca berubah. 

1. Kurangi Penyiraman 

Merawat tanaman musim hujan

Tanaman tidak membutuhkan banyak air di musim dingin, jadi lewati satu atau dua kali penyiraman untuk mengurangi frekuensinya sekitar 50%. Ikuti saran penyiraman standar dan hanya menyiram jika tanah kering satu atau dua inci di bawah permukaan.

2. Berikan Air yang Cukup

Gunakan kain lembab untuk membersihkan daun Anda dengan baik. Hal ini tidak hanya membantu menghilangkan debu dan kotoran tetapi juga membuat daun menyerap cahaya lebih efisien. Tanaman membutuhkan semua cahaya yang bisa mereka peroleh di bulan-bulan gelap!

3. Jaga Agar Tetap Hangat 

Fluktuasi suhu dapat membahayakan tanaman rumah seperti halnya paparan panas atau dingin yang berlebihan. Pastikan untuk menstabilkan suhu dengan menjauhkan tanaman dari angin, jendela terbuka, ventilasi pemanas, dan radiator.

4. Berikan Makanan 

Kebanyakan tanaman tidak perlu diberi makan di musim dingin, jadi berikan makanan pada tanaman Anda dan hilangkan pupuk dari makanannya. Tanaman tumbuh lebih lambat selama musim dingin dan tidak akan mendapat manfaat dari nutrisi tambahan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Taman Indoor yang Subur dalam Waktu Singkat

5. Biarlah Ada Cahaya 

Saat hari semakin pendek dan sinar matahari semakin redup, penting untuk memberi tanaman Anda cahaya sebanyak mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan mendekatkannya ke sumber cahaya alami atau menambah sebagian cahaya alami dengan bola lampu buatan berspektrum penuh. 

Tips Tanaman Hias Indoor agar Dapat Cahaya

1. Jendela

Mengutip Balcony Garden Web, selalu letakkan taman dalam ruangan Anda di dekat jendela yang mendapat banyak sinar matahari cerah. Berkat ini, proses fotosintesis dapat dilakukan dengan mudah.

Jendela yang menghadap ke selatan mendapat cahaya paling terang, sedangkan jendela yang menghadap ke barat dan timur mendapat cahaya sedang, dan jendela yang menghadap ke utara mendapat cahaya paling rendah.

Petunjuk ini penting karena Anda harus menempatkan tanaman Anda dengan tepat. Jika sinar matahari terlalu terik, gunakan tirai tipis yang menyebarkan cahaya.

2. Pilih Tanaman yang Benar

Saat memilih tanaman, pilihlah dengan bijak. Banyak tanaman dapat tumbuh subur bahkan dalam kondisi cahaya redup. Dracaena, Bromeliad, Tanaman Ular, Pakis, Philodendron, Aglaonema, Peperomia, dan Tanaman Doa adalah beberapa pilihan terbaik untuk ruangan dengan penerangan rendah.

3. Gunakan Lampu LED

Menggunakan lampu LED di area dengan cahaya redup adalah cara sempurna untuk memberikan jumlah cahaya yang cukup pada tanaman Anda. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Taman Indoor yang Subur dalam Waktu Singkat

Karena menawarkan cahaya yang terang namun tersebar, ini adalah pilihan bagus untuk membantu pertumbuhan tanaman tanpa mengeksposnya secara berlebihan.

Cobalah untuk meniru pengaturan waktu alam dengan lampu LED Anda. Ini akan memberi tanaman Anda kesan pencahayaan alami dan membantunya tumbuh subur. 

Selain itu, perlu diingat bahwa lampu biru dan merah adalah yang terbaik dalam hal pertumbuhan. Hal ini karena cahaya berwarna ini terus-menerus diserap oleh klorofil pada tumbuhan, dan diubah menjadi energi melalui proses fotosintesis.

Gunakan setiap hari selama 6-8 jam. Jika Anda bepergian, Anda dapat tetap menyalakan LED selama 14-18 jam berturut-turut.

4. Terus Rotasi Tanaman 

Karena tanaman secara alami condong ke arah sinar matahari, rotasikan semua tanaman di taman dalam ruangan Anda setiap 5-7 hari sekali. Ini akan membantu setiap bagian tanaman Anda terkena paparan sinar matahari, membantu pertumbuhan yang sehat dan merata.

5. Pindahkan Tanaman 

Jika Anda tidak memiliki tempat yang cukup terang di dalam ruangan, Anda bisa mendapatkan dua tanaman serupa. Terus pindahkan tempatnya dengan menempatkan satu di luar, di tempat yang mendapat banyak cahaya terang, lalu bawa ke dalam ruangan untuk memamerkan keindahannya, sementara yang lain di dalam ruangan mendapatkan semua cahaya yang dibutuhkan di luar.

Baca Juga: Ide Pot Tanaman Hias Barang Bekas yang Bisa Dimanfaatkan dan Hasilnya Unik

Terus pindahkan tempatnya dengan cara ini, dan Anda akan dapat menikmati keindahan tanaman favorit Anda di dalam ruangan sekaligus menjaganya tetap sehat dan tumbuh subur!

Nah, begitulah cara menjaga tanaman hias tetap bahagia dan subur saat cuaca berubah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News