Bugar

10 Khasiat Minyak Wijen untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

10 Khasiat Minyak Wijen untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Selain penggunaannya yang populer dalam berbagai masakan, minyak wijen juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, lo, berkat kandungan nutrisi yang kaya. Apa saja khasiat minyak wijen untuk kesehatan sebenarnya?

Merangkum dari laman Healthline dan Organic Facts, di bawah ini adalah sepuluh khasiat minyak wijen untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Menyehatkan rambut

Minyak wijen telah lama digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Pharmacognosy Reviews, minyak wijen hitam memiliki potensi untuk menjaga warna alami rambut dan mengurangi kerontokan.

Sifat antibakteri dari minyak ini juga dapat melawan patogen yang mungkin merugikan kulit kepala atau rambut.

Baca Juga: 4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Minum Obat, Catat ya!

2. Mengontrol gula darah

Penelitian awal yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food pada tahun 2006 menunjukkan bahwa penambahan minyak wijen dalam makanan dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah pada orang dewasa yang mengalami diabetes.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi temuan ini.

3. Merawat kesehatan kulit

Minyak wijen, yang kaya akan seng, dapat meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan karena sifat antioksidan zat ini.

Sebuah studi pada tahun 2018 oleh para peneliti di California State University menemukan, penerapan topikal minyak wijen dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Baca Juga: Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh, Bisa Usir Berbagai Penyakit lo

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam lemak dalam minyak wijen berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat menurunkan kolesterol jahat karena adanya asam lemak tak jenuh ganda seperti sesamol dan sesamin.

5. Memperkuat tulang

Minyak wijen kaya akan tembaga dan kalsium, dua mineral yang esensial untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Ini sangat membantu dalam mencegah kondisi seperti osteoporosis, terutama seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh, Bisa Usir Berbagai Penyakit lo

6. Mengurangi kecemasan

Minyak wijen mengandung tirosin, yang dapat meningkatkan produksi serotonin di otak. Konsumsi minyak wijen dapat membantu memperbaiki mood dan mengurangi kecemasan.

7. Menyehatkan mulut

Minyak wijen dapat meningkatkan kesehatan mulut dengan mengurangi plak gigi dan melindungi terhadap bakteri tertentu yang berbahaya.

Baca Juga: Solusi untuk Turun BB, Ini 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Anda

8. Memperbaiki sirkulasi dan metabolisme

Kandungan tembaga yang tinggi dalam minyak wijen membantu dalam produksi sel darah merah, meningkatkan sirkulasi dan memastikan metabolisme tubuh berjalan efektif.

9. Antiinflamasi

Kaya akan tembaga, minyak wijen efektif dalam mengurangi peradangan yang berhubungan dengan kondisi seperti arthritis, membantu mengurangi pembengkakan dan memperkuat tulang serta pembuluh darah.

Baca Juga: Tinggi Purin, Inilah Daftar Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

10. Mencegah kerusakan DNA

Minyak wijen mengandung sesamol, fitokimia dengan sifat antioksidan yang menunjukkan potensi untuk melindungi terhadap kerusakan DNA akibat radiasi, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Toxicology and Pharmacology.

Nah, itulah beberapa khasiat minyak wijen untuk kesehatan yang luar biasa. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News