Bugar

Tak Disangka, Ternyata Ini 9 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Tak Disangka, Ternyata Ini 9 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Pecinta kopi pasti senang akan hal ini. Tahukah bahwa ternyata terdapat sejumlah manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, lo. Di balik aroma dan rasanya yang nikmat, tersimpan khasiat yang menyehatkan dan sering tidak disadari.

Untuk itulah, MomsMoney akan mengulas manfaat kopi untuk kesehatan tubuh pada kesempatan kali ini. Melansir dari laman Healthline, berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan energi

Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan yang terkenal dapat memblokir adenosin, sebuah neurotransmitter yang membuat Anda merasa lelah. Di sisi lain, kafein dapat meningkatkan produksi neurotransmitter lain seperti dopamin, yang meningkatkan energi Anda.

Baca Juga: Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini karena kopi dapat meningkatkan fungsi sel beta yang memproduksi insulin, mengatur kadar gula darah, dan memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin dan metabolisme.

3. Mendukung kesehatan otak

Beberapa studi menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson dan dapat menghambat perkembangan penyakit ini.

Baca Juga: Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

4. Menurunkan berat badan

Penelitian mengindikasikan bahwa kopi dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya berperan dalam menurunkan berat badan. Selain itu, kopi juga meningkatkan tingkat aktivitas fisik, yang mendukung kontrol berat badan.

5. Risiko depresi yang lebih rendah

Konsumsi kopi terkait dengan risiko depresi yang lebih rendah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko depresi yang lebih rendah dan risiko bunuh diri yang lebih kecil.

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

6. Melindungi kondisi hati

Kopi dapat meningkatkan kesehatan hati dan melindungi terhadap kondisi seperti sirosis dan kanker hati. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi terkait dengan risiko lebih rendah dari penyakit hati kronis dan kematian akibat penyakit hati.

7. Mendukung kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Namun, pengaruh kafein pada tekanan darah perlu dipertimbangkan bagi mereka dengan kondisi tekanan darah yang tak terkontrol.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif, Mari Menilik Manfaat Mie Shirataki untuk Diet

8. Umur panjang

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi terkait dengan umur panjang dan risiko kematian yang lebih rendah. Selain itu, minum kopi juga dikaitkan dengan risiko kematian karena kanker yang lebih rendah.

9. Meningkatkan kinerja atletik

Kopi sering digunakan sebagai bantuan ergogenik oleh atlet untuk meningkatkan kinerja dan energi. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi rasa lelah.

Demikianlah ulasan terkait manfaat kopi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News