Santai

Benarkah Mengonsumsi Kolagen Baik bagi Kesehatan Tubuh?

Benarkah Mengonsumsi Kolagen Baik bagi Kesehatan Tubuh?

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak penjelasannya benarkah kolagen baik bagi kesehatan tubuh? 

Kolagen adalah satu protein yang paling banyak ada dalam tubuh. Kolagen banyak ditemukan pada tulang, otot, dan ligamen. 

Kolagen merupakan penyangga yang menghubungkan anggota tubuh. Pada kulit, kolagen membantu membentuk jaringan serat sehingga sel-sel  kulit baru dapat tumbuh. 

Dengan bantuan elastin, kolagen menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. Menariknya, kolagen adalah istilah yang berasal dari Greek yaitu Kolla yang bermakna gula. 

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Squalane Oil untuk Wajah, Lembap dan Cerah!

Nah, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang dan kualitasnya semakin turun. Sehingga, membuat kulit mudah kendur dan berkeriput. 

Melansir Byrdie, minuman kolagen yang saat ini banyak ditemukan di pasaran, dikatakan dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh. Sehingga, bisa meningkatkan kesehatan kulit, anti penuaan dini, dan manfaat medis lain seperti peningkatan kesehatan sendi dan otot. 

Suplemen kolagen termasuk dalam kelas nutraceuticals, makanan penuh nutrisi untuk meningkatkan kesehatan. Formulasi yang tersedia saat ini beragam seperti peptida, protein dan hidrolisat. 

Saat ini, minuman kolagen yang paling populer adalah kolagen hidrolisat karena memiliki berat molekul yang rendah, dan sifat larut dalam air yang tinggi sehingga lebih mudah larut dalam minuman dan makanan. 

Kebanakan suplemen kolagen berasal dari sumber hewani seperti babi, sapi, dan kolagen laut dari ikan. Tidak ada sumber lain sehingga tidak ada yang bisa dikonsumsi oleh para vegetarian dan vegan meski banyak yang mengatakan menjual produk kolagen nabati. 

Jika ada yang mengatakan produknya adalah suplemen kolagen untuk para vegan dan vegetarian, sebenarnya produk itu tidak mengandung kolagen. Melainkan terdiri dari vitamin C dan zinc yang merangsang kolagen dalam tubuh. 

Lalu, benarkah kolagen bisa menyehatkan kulit? Sebenarnya, tidak cukup banyak penelitian soal ini. Namun, bisa saja kolagen efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat di Kepala yang Harus Anda Lakukan

Sebab, mengonsumsi kolagen membuat kolagen tersebut diserap dan beredar melalui darah ke kulit kita. Jadi, jika serum hanya bekerja di lapisan atas kulit, maka minuman atau pil kolagen bisa lebih mudah diserap oleh tubuh Anda. 

Studi lain yang dilakukan oleh Natural Medicine Journal menunjukkan, banyak perempuan yang mengonsumsi kolagen mengalami peningkatan signifikan pada presentasi pori-pori dan hiperpigmentasi. 

Penelitian lain menyebutkan, suplemen kolagen yang bernama Versisol bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi keriput di sekitar mata hingga 20% setelah konsumsi selama 8 minggu. 

Sehingga, dapat disimpulkan, manfaat mengonsumsi kolagen belum dapat dibuktikan tapi cukup aman untuk dikonsumsi. 

Selanjutnya: Wall Street (29/11): S&P 500 Berakhir Turun karena Pesan Beragam The Fed dan PCE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News