Bugar

5 Cara Mengatasi Jerawat di Kepala yang Harus Anda Lakukan

5 Cara Mengatasi Jerawat di Kepala yang Harus Anda Lakukan

MOMSMONEY.ID - Terasa sakit dan tidak nyaman, inilah cara mengatasi jerawat di kepala. Kotoran atau noda yang paling umum di kulit kepala adalah jerawat, dermatitis seboroik, dan ketombe. Kondisi ini mudah diobati dengan obat anti ketombe dan anti jerawat.

Selain itu , kondisi stres dan kurang tidur juga dapat menyebabkan jerawat di kulit kepala. Ketika kadar kortisol Anda meningkat, tubuh lebih mungkin memproduksi minyak.

Minyak berlebih ini dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, jerawat di kulit kepala berpotensi disebabkan oleh hormonal. 

Masih ada cara untuk mengatasi masalah ini. Dilansir dari cnfstore.com, berikut cara mengatasi jerawat di kepala : 

1. Keramas Rambut

Cara mengatasi jerawat di kepala dengan keramas rambut. Jika Anda rentan terhadap rambut berminyak, jerawat di kepala bisa disebabkan oleh kelebihan minyak.

Anda pasti ingin keramas setiap hari untuk menghilangkan rambut berminyak, namun keramas hanya perlu dilakukan paling banyak 3 kali untuk menghindari rambut mengalami kekeringan. 

Pilihlah sampo dengan bahan-bahan seperti asam salisilat, atau kortison. Asam salisilat dimaksudkan untuk membantu mengurangi ketombe dan produksi minyak di kulit kepala Anda.

Sementara kortison membantu mengobati peradangan dan kekeringan. Sampo dengan kortison biasanya hanya tersedia di klinik dokter, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Jika Anda lebih suka sampo biasa yang menambah volume atau membuat rambut Anda lembut, jangan ragu untuk menggunakan sampo kedua setelah menggunakan sampo yang diformulasikan untuk jerawat.

Baca Juga: Simak 5 Jenis Makanan untuk Atasi Rambut Rontok, Menarik Dicoba!

2. Hindari Menyentuh Jerawat di Kepala

Kemudian, Anda harus hindari menyentuh jerawat di kepala. Memencet atau menggaruk jerawat dapat memungkinkan bakteri masuk ke dalamnya, menunda waktu penyembuhan dan semakin mengiritasi.

Jika jerawat sangat gatal, cobalah menekannya dengan lembut. Menambahkan sedikit tekanan dapat membantu menghilangkan rasa gatal, dan juga tidak membuka jerawat.

3. Melakukan Eksfoliasi Kulit Kepala

Cara mengatasi jerawat di kepala adalah melakukan eksfoliasi kulit kepala. Menggunakan perawatan eksfoliasi kulit kepala seminggu sekali dapat membantu membersihkan kulit kepala dari kulit kering yang berlebihan.

Tea tree oil, sebagai bahan antibakteri, merupakan minyak dapat digunakan untuk mengobati jerawat (seperti yang Anda lakukan di wajah). Tambahkan setetes tea tree oil ke sampo Anda yang akan membantu merawat kulit kepala dan rambut. 

Meskipun pengelupasan membantu menghilangkan minyak berlebih dan kulit kering, lebih baik menggunakan pengelupasan kimia (seperti asam salisilat atau asam glikolat) daripada pengelupasan fisik.

Kulit kepala yang sudah iritasi akan lebih parah jika menerapkan exfoliator fisik. Jika merasa harus menggunakan exfoliant fisik, gunakan sesuatu yang lembut, dan gunakan hanya saat kulit kepala Anda tidak mengalami iritasi serius.

Baca Juga: 6 Manfaat Mewarnai bagi Anak, Meningkatkan Kreativitas hingga Kepercayaan Diri

4. Hindari Penggunaan Hair Oil

Berikutnya, hindari menggunakan produk rambut yang mengandung minyak berlebihan yang akan menipiskan lapisan rambut.

Meskipun minyak sangat bagus untuk melembabkan rambut, minyak dapat menyebabkan penumpukan di kulit kepala. Jauhkan perawatan perbaikan rambut dan masker deep conditioning dari kulit kepala.

Sebagai gantinya, gunakan produk conditioner untuk merawat ujung yang rusak, karena ini dapat memberi minyak berlebih ke akar

5. Gunakan Produk Jerawat

Cara mengatasi jerawat di kepala lainnya adalah gunakan produk jerawat. Sebaiknya hindari produk yang mengandung benzoil peroksida karena dapat menyebabkan pemutihan atau perubahan warna rambut.

Pelembap ringan yang mengandung asam salisilat adalah pilihan yang baik untuk mengatasi bintik-bintik kecil di kulit kepala dan juga tidak akan memutihkan rambut.

Tetapi jika jerawat berlanjut atau menjadi sangat parah, pertimbangkan untuk konsultasi dengan dokter kulit tentang obat jerawat yang mungkin bekerja lebih baik untuk Anda.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi jerawat di kepala yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News