Bugar

Benarkah Kacang Tanah Menyebabkan Asam Urat di Tubuh? Cari Tahu di Sini

Benarkah Kacang Tanah Menyebabkan Asam Urat di Tubuh? Cari Tahu di Sini

MOMSMONEY.ID - Cari tahu faktanya, yuk. Benarkah kacang tanah menyebabkan asam urat sebenarnya?

Banyak orang yang menderita asam urat harus hati-hati dalam memilih makanan karena beberapa jenis makanan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Kacang tanah sering dipertanyakan apakah dapat menyebabkan asam urat.

Lantas, benarkah kacang tanah menyebabkan asam urat?

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Air Garam bagi Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja?

Kacang tanah adalah sumber protein nabati yang juga kaya akan nutrisi seperti vitamin E, magnesium, dan asam folat. Namun, penting untuk memperhatikan kandungan purin dalam makanan ketika berbicara tentang asam urat.

Purin adalah zat yang ditemukan dalam beberapa makanan yang, ketika dicerna, diubah menjadi asam urat oleh tubuh. Makanan dengan kandungan purin tinggi biasanya disarankan untuk dihindari oleh orang dengan asam urat.

Melansir dari Gout Patients, orang yang menderita asam urat bisa menikmati kacang tanah. Kacang termasuk dalam kategori makanan yang memiliki kandungan purin rendah, yaitu kurang dari 50 mg purin per 100 gram.

Bahkan, jenis kacang dengan kandungan purin moderat masih dianggap aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Ada Cara Mengecek Asam Urat dengan Jari, Memangnya Bisa?

Kacang juga dapat membantu mengurangi gejala yang disebabkan oleh asam urat karena mengandung asam lemak dengan sifat anti-inflamasi.

Mengingat asam urat melibatkan peradangan, konsumsi kacang dapat membantu meredakan nyeri, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat penyembuhan.

Tidak ada efek negatif langsung antara konsumsi kacang dan kondisi asam urat. Namun, kacang tanah tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan harus dalam jumlah yang wajar.

Ada berbagai jenis kacang yang tersedia, dan kebanyakan aman untuk dikonsumsi. Kacang mentah dengan kulit adalah pilihan yang baik karena kulitnya kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Baca Juga: 6 Minuman Bikin Panjang Umur yang Tak Banyak Orang Tahu, Ada Kopi

Kacang yang sudah diolah seperti kacang asin dan panggang juga populer, tetapi ingatlah untuk mengonsumsinya dengan secara bijak karena kandungan garamnya.

Asupan natrium yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 1500 mg per hari, dengan batas maksimal 2300 mg. Kacang yang telah dikupas dan ditambahkan garam juga tersedia, tetapi penting untuk memperhatikan kandungan garamnya.

Selai kacang juga aman, namun sebaiknya dikonsumsi secara moderat.

Demikianlah ulasan terkait, benarkah kacang tanah dapat menyebabkan asam urat atau tidak. Kacang tanah dapat memicu asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena kacang tanah memang mengadung purin.

Meskipun demikian, penderita asam urat masih boleh makan kacang tanah asal dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan, ya. Kombinasikan juga dengan gaya hidup aktif dan konsumsi air yang cukup, bisa menjadi strategi untuk mengelola asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News