Bugar

Pilihan Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek di Sini

 Pilihan Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Yuk, intip daftar sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat berikut ini. Apa saja ya?

Purin adalah zat yang harus dihindari oleh orang yang menderita asam urat karena dapat memperparah gejala. Purin banyak terkandung di berbagai makanan, termasuk beberapa jenis sayuran.

Namun, ini tidak berarti bahwa penderita asam urat harus menghindari semua sayuran. Ada beberapa jenis sayuran hijau yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Baca Juga: Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Hindari Pantangannya Berikut Ini

Berikut beberapa sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat, merangkum dari laman Medical News Today dan Halodoc:

1. Bayam

Meskipun bayam sering dianggap tidak baik untuk penderita asam urat karena mengandung purin, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, bayam tidak akan memperburuk kondisi asam urat.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa purin yang terdapat di sayuran tidak meningkatkan kadar asam urat secara signifikan seperti purin yang ditemukan pada daging merah.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

2. Kale

Kale adalah sayuran hijau yang sangat bergizi dan memiliki kandungan purin yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kale kaya akan vitamin K, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tulang dan kulit.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan senyawa sulfur, antioksidan, dan serat. Sayuran ini memiliki kandungan purin yang rendah sehingga aman untuk penderita asam urat. Brokoli juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung sistem imun tubuh.

Baca Juga: Kacang Hijau Menyebabkan Asam Urat dalam Tubuh, Benarkah?

4. Selada

Selada memiliki kandungan purin yang rendah dan merupakan pilihan yang baik untuk penderita asam urat. Kaya akan air, selada membantu menjaga hidrasi tubuh dan juga mengandung vitamin serta mineral seperti vitamin K dan vitamin A.

Demikianlah pilihan sayuran hijau yang boleh dimakan penderita asam urat. Meski sayuran-sayuran ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, disarankan untuk makan sayuran ini dalam jumlah yang sesuai dan seimbang dengan makanan lain.

Ini akan membantu menjaga kesehatan dan menghindari potensi peningkatan asam urat. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Rusia Targetkan Sektor Energi dalam Serangan Rudal dan Drone di Ukraina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News