Bugar

6 Minuman Bikin Panjang Umur yang Tak Banyak Orang Tahu, Ada Kopi

6 Minuman Bikin Panjang Umur yang Tak Banyak Orang Tahu, Ada Kopi

MOMSMONEY.ID - Rahasia umur panjang. Yuk, coba konsumsi beberapa minuman bikin panjang umur berikut ini!

Selain makanan sehat, konsumsi minuman tertentu juga dapat mendukung umur panjang dengan manfaat kesehatannya yang sering kali terlewatkan.

Melansir dari Live Strong, di bawah ini adalah beberapa minuman bikin panjang umur yang bisa Anda coba:

1. Teh Hijau

Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau dapat melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan kronis dengan menetralisir radikal bebas yang merusak sel.

Teh hijau kaya akan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang menurut National Institutes of Health (NIH) memiliki efek protektif terhadap penyakit jantung dan kanker.

Teh hijau mengandung EGCG yang efektif dalam mengurangi peradangan dan membantu mencegah kanker.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan, yuk Coba!

2. Kopi

Kopi diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk meningkatkan umur panjang. Kandungan polifenol dan antioksidan dalam kopi telah terbukti memiliki efek protektif pada jantung dan otak.

Penelitian dari European Society of Cardiology pada September 2022 menunjukkan bahwa semakin banyak kopi yang diminum seseorang, semakin rendah risiko kematian mereka dari semua penyebab.

3. Jus Plum

Jus plum dapat mendukung kesehatan usus, yang sangat penting untuk umur panjang. Jus ini kaya akan serat, yang tidak hanya membantu pencernaan, tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

4. Air

Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh secara keseluruhan, membantu mengeluarkan racun melalui urin, kotoran, dan keringat. Dr. Ascher menyarankan menambahkan rasa alami seperti lemon untuk meningkatkan rasa jika diperlukan.

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang mengandung elektrolit, protein, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan dan pemeliharaan massa otot, yang penting untuk mencegah cedera seiring bertambahnya usia.

Kaldu tulang juga mendukung kesehatan usus yang merupakan kunci dari umur panjang yang sehat.

Baca Juga: Pilihan Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek di Sini

6. Jus Bit

Jus bit kaya akan oksida nitrat yang telah terbukti menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi. Menurut Harvard Health Publishing, jus bit juga penuh dengan antioksidan serta vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan jantung.

Itulah beberapa minuman bikin panjang umur yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Nyam-Nyam Buat Program Seru untuk Siswa-Siswi SMP, Begini Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News