Bugar

Ada Cara Mengecek Asam Urat dengan Jari, Memangnya Bisa?

Ada Cara Mengecek Asam Urat dengan Jari, Memangnya Bisa?

MOMSMONEY.ID - Apakah cara mengecek asam urat dengan jari akurat sebenarnya? Cek jawabannya di sini.

Ada metode yang sempat populer tentang mengecek asam urat hanya dengan menggunakan jari, yaitu dengan menekuk jari tangan.

Jika ujung jari bisa menyentuh pangkal jari, dikatakan bahwa kadar asam urat masih normal. Namun, jika tidak bisa, ini dianggap sebagai indikasi adanya asam urat karena kristal asam urat yang menumpuk di sendi bisa menghambat pergerakan jari.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang secara Alami yang Mudah Dilakukan

Tapi apakah cara mengecek asam urat dengan jari tersebut akurat? Sebenarnya cara ini tidak bisa diandalkan untuk mengecek asam urat karena penyakit ini tidak selalu mempengaruhi sendi jari dan bisa terjadi di bagian tubuh lain.

Selain itu, kesulitan menekuk jari juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti rematik. Lalu, bagaimana cara mengecek asam urat yang akurat sebenarnya?

Menyadur dari Alodokter, berikut ini adalah beberapa cara mengecek asam urat yang akurat:

1. Tes Darah

Tes ini mengukur kadar asam urat di darah dengan mengambil sampel dari lengan. Ini bisa dilakukan di laboratorium atau di rumah dengan alat tes portabel. Tes ini cepat tapi hanya menunjukkan kadar asam urat saat itu dan tidak mengonfirmasi diagnosis penyakit asam urat.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Terbaik untuk Menambah Energi

2. Tes Urine

Dalam tes ini, Anda harus mengumpulkan urine selama 24 jam. Ini dimulai dengan membuang urine pertama di pagi hari dan kemudian mengumpulkan setiap urine berikutnya selama 24 jam ke dalam wadah yang disimpan dingin. Hasilnya akan diperiksa di laboratorium.

Demikianlah ulasan terkait cara mengecek asam urat dengan jari. Metode mengecek asam urat dengan jari tidak direkomendasikan karena tidak akurat. Untuk hasil yang lebih tepat, sebaiknya lakukan tes medis seperti tes darah atau urine. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Analis Ini Ingatkan Bahaya Utang Pemerintah yang Makin Membesar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News