Bugar

Begini Cara Menambah Gula Darah dengan Cepat yang Bisa Anda Coba

Begini Cara Menambah Gula Darah dengan Cepat yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Seseorang yang mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah rendah mungkin akan merasakan gejala seperti pusing, gemetar, kelelahan, dan bahkan pingsan jika tidak segera diatasi. Dalam situasi seperti ini, penting untuk mengetahui cara menambah gula darah dengan cepat dan aman.

Mengingat makanan dan minuman yang kita konsumsi langsung berpengaruh terhadap kadar gula darah, salah satu metode paling praktis untuk menaikkan kadar gula darah dengan cepat adalah dengan mengonsumsi camilan yang mengandung karbohidrat cepat serap.

Menurut rekomendasi dari American Diabetes Association, terdapat sebuah pendekatan yang dikenal sebagai "aturan 15-15" untuk mengatasi penurunan gula darah di bawah 70 mg/dL. Pendekatan ini melibatkan konsumsi sekitar 15 gram karbohidrat, diikuti dengan menunggu selama 15 menit untuk mengevaluasi ulang kadar gula darah Anda.

Baca Juga: Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Chia Seed untuk Diet dan Cara Konsumsinya

Apabila setelah 15 menit pertama kadar gula darah masih berada di bawah 70 mg/dL, proses ini harus diulangi dengan mengonsumsi 15 gram karbohidrat lagi, menunggu selama 15 menit tambahan, dan kemudian melakukan pemeriksaan kembali pada level gula darah.

Pendekatan ini membantu dalam penyesuaian cepat dan efektif terhadap kadar gula darah yang rendah, memastikan bahwa pengelolaan kondisi tersebut dilakukan dengan aman.

Melansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa opsi makanan dan minuman untuk menambah gula darah dengan cepat:

1. Buah-buahan segar

Buah seperti pisang, apel, atau jeruk merupakan pilihan yang baik karena kandungan gula alaminya yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Sebuah buah ukuran sedang dari salah satu jenis ini bisa memberikan peningkatan gula darah yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pusing hingga Pucat, Waspada Ciri-Ciri Gula Darah Rendah!

2. Kismis

Dua sendok makan kismis dapat memberikan dorongan cepat pada gula darah karena konsentrasi gula alami yang tinggi dalam porsi kecil.

3. Anggur

Sekitar 15 butir anggur bisa menjadi sumber cepat glukosa yang mudah diserap oleh tubuh.

4. Jus buah

Setengah cangkir jus buah seperti apel, jeruk, nanas, atau grapefruit dapat memberikan relief cepat untuk gula darah rendah karena kandungan fruktosa yang tinggi.

Baca Juga: Apa Penyebab Darah Rendah? Cari Tahu di Sini Lengkap dengan Cirinya

5. Soda biasa

Setengah cangkir soda biasa (yang mengandung gula, bukan versi bebas gula) juga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

6. Susu bebas lemak

Satu cangkir susu bebas lemak tidak hanya menyediakan karbohidrat tetapi juga protein, yang membantu stabilisasi kadar gula darah setelah peningkatan awal.

7. Madu atau jelly

Satu sendok makan madu atau jelly dapat langsung memberikan glukosa yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar gula darah.

8. Permen

Permen dapat memberikan sumber gula cepat yang mudah untuk dikonsumsi dan dibawa kemana saja.

Baca Juga: Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Ini Daftarnya!

9. Gula larut

Menambahkan satu sendok makan gula ke dalam air dan meminumnya juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan gula darah dengan cepat.

Ketika memilih makanan untuk meningkatkan gula darah, penting untuk mempertimbangkan kecepatan penyerapan dan pengaruhnya terhadap gula darah. Makanan yang disebutkan di atas dapat memberikan peningkatan gula darah yang cepat dan efektif.

Namun, setelah mengonsumsi makanan untuk peningkatan gula darah segera, disarankan untuk mengikuti dengan makanan yang lebih stabil seperti makanan yang mengandung protein atau serat untuk membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Itulah cara menambah gula darah dengan cepat. Selalu monitor respons tubuh Anda terhadap makanan yang dikonsumsi dan menyesuaikan porsi atau jenis makanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi dapat memberikan panduan lebih lanjut tentang pengelolaan kadar gula darah yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News