Bugar

Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Chia Seed untuk Diet dan Cara Konsumsinya

Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Manfaat Chia Seed untuk Diet dan Cara Konsumsinya

MOMSMONEY.ID - Dikenal sebagai makanan sehat, inilah manfaat chia seed untuk diet dan cara tepat mengonsumsinya.

Chia seed atau biji chia telah menjadi salah satu superfood yang populer di kalangan pecinta diet dan kesehatan.

Biji kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica ini kaya akan nutrisi dan memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk dalam menurunkan berat badan.

Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan membahas manfaat chia seed untuk diet dan cara mengonsumsinya agar efektif.

Manfaat chia seed untuk diet

Banyak yang mengklaim bahwa biji chia dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mendukung penurunan berat badan.

Dasar dari klaim ini adalah bahwa biji chia dapat menyerap air dan membengkak, serta kandungan serat yang tinggi, yang bisa membuat perasaan kenyang bertahan lebih lama. Karena itu, biji chia dikatakan berpotensi menghindarkan seseorang dari kebiasaan makan berlebih.

Melansir dari Healthline, dua sendok makan biji chia, yang dikenal sebagai sumber serat yang kaya, menyediakan sekitar 10 gram serat, atau sekitar 40% dari rekomendasi asupan harian serat. Studi menunjukkan, diet kaya serat berkaitan dengan penurunan berat badan.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan, mengonsumsi 30 gram serat setiap hari bisa efektif mengikuti diet yang lebih kompleks dalam hal penurunan berat badan.

Baca Juga: Simpel dan Ramah Kantong, Ini 3 Resep Olahan Tempe untuk Diet Anda

Namun, terdapat batasan dalam klaim ini. Riset yang ada belum cukup mendukung pernyataan bahwa biji chia secara langsung berkontribusi pada penurunan berat badan.

Biji chia memang mengandung kalori dan lemak dalam jumlah yang cukup tinggi, dengan dua sendok makan biji chia mengandung 138 kalori dan 9 gram lemak (termasuk 1 gram lemak jenuh).

Meskipun konsumsi biji chia dalam jumlah yang wajar dapat membantu menjaga perasaan kenyang, mengonsumsi biji chia dalam jumlah besar dapat berpotensi menyebabkan konsumsi kalori melebihi kebutuhan harian.

Cara konsumsi chia seed untuk diet

Biji chia dikenal karena hampir tidak memiliki rasa, memungkinkannya untuk dengan mudah berpadu dalam berbagai resep. Penting untuk memastikan biji chia telah mengembang sepenuhnya sebelum dikonsumsi.

Hindari mengonsumsi biji chia dalam keadaan kering, terutama bagi mereka yang memiliki kesulitan menelan.

Dr. Rebecca Rawl menyarankan, karena biji chia dapat menyerap air hingga berkali-kali lipat dari beratnya, biji yang belum mengembang dapat membesar di esofagus dan berpotensi menyebabkan tersumbat.

Baca Juga: Khasiat Buah Naga untuk Turunkan Berat Badan dan Cara Konsumsinya

Anda dapat mencoba menambahkan biji chia ke dalam berbagai makanan, seperti:

  • Smoothie
  • Oatmeal
  • Salad
  • Dressing salad
  • Yogurt
  • Sup atau saus
  • Muffin
  • Roti buatan sendiri
  • Pengganti telur dalam makanan yang dipanggang
  • Puding Chia

Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat chia seed untuk diet beserta cara konsumsinya. Dengan mengonsumsi chia seed secara benar, Anda akan mendapatkan semua manfaat yang ditawarkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun, perlu diingat bahwa kunci dari diet yang berhasil adalah konsistensi dan kombinasi dari diet seimbang serta aktivitas fisik yang teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News