Bugar

4 Cara Menurunkan Gula Darah dengan Cepat, Cek Selengkapnya!

4 Cara Menurunkan Gula Darah dengan Cepat, Cek Selengkapnya!

MOMSMONEY.ID - Jika tidak ditangani, gula darah tinggi bisa sebabkan diabetes. Terapkan cara menurunkan gula darah dengan cepat berikut ini, yuk!

Di era modern ini, gaya hidup yang kurang sehat dan pola makan yang tidak terkontrol seringkali menjadi penyebab meningkatnya kadar gula darah. Kondisi ini dapat memicu berbagai penyakit serius seperti diabetes.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga dan mengelola kadar gula darah Anda. Merangkum dari Healthline dan Very Well Health, berikut adalah empat cara menurunkan gula darah dengan cepat:

1. Menggunakan insulin sesuai anjuran

Kadar gula darah yang tinggi sering kali terjadi ketika tubuh tidak memiliki insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif. Menggunakan insulin sesuai anjuran dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Penting untuk berdiskusi dengan dokter Anda mengenai dosis insulin cepat yang tepat untuk kondisi gula darah tinggi. Setelah mengambil insulin, periksa kadar gula darah Anda minimal 30 menit kemudian untuk memastikan bahwa kadar gula darah telah turun dan tidak menjadi terlalu rendah.

Jangan menambah dosis insulin korektif sampai setidaknya 3 jam kemudian untuk menghindari akumulasi insulin dan risiko hipoglikemia.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ketahui 9 Manfaat Konsumsi Pepaya untuk Kesehatan

2. Berolahraga

Berolahraga merupakan cara yang cepat dan efisien untuk menurunkan kadar gula darah. Selama olahraga, tubuh Anda memerlukan glukosa sebagai sumber energi, sehingga sel-sel mengambil glukosa dari darah dan mengirimkannya ke otot, yang pada akhirnya menurunkan kadar gula darah.

Namun, jika kadar gula darah Anda lebih dari 240 mg/dl, sangat penting untuk memeriksa keberadaan keton dalam urin Anda sebelum berolahraga. Berolahraga dengan adanya keton dalam urin bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.

Penting juga untuk dicatat bahwa beberapa bentuk olahraga, khususnya olahraga berat dan singkat, bisa sementara meningkatkan kadar gula darah karena aktivasi respons stres tubuh yang melepaskan glukagon untuk energi otot.

3. Minum air

Selama mengalami hiperglikemia yang parah, mengonsumsi air dan cairan lain yang tidak mengandung pemanis bisa sangat membantu dalam proses pembuangan gula berlebih oleh ginjal melalui urin.

Meski efeknya mungkin tidak secepat pemberian insulin cepat atau berolahraga, tetap terhidrasi dengan baik dapat menjadi langkah penting untuk mengurangi kadar gula darah ke level yang lebih aman.

Menjaga hidrasi tubuh juga berperan penting dalam pencegahan terjadinya episode hiperglikemia. Umumnya, kebutuhan air harian orang dewasa berkisar antara empat hingga enam gelas.

Namun, kebutuhan ini bisa bervariasi: orang yang aktif berolahraga atau yang sering berkeringat mungkin memerlukan lebih banyak air, sementara mereka yang mengonsumsi obat yang mengakibatkan retensi cairan mungkin memerlukan lebih sedikit.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Ini 4 Jus untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

4. Konsumsi makanan indeks glikemik rendah

Meskipun tidak ada jenis makanan tertentu yang dapat langsung menurunkan kadar gula darah, memilih makanan dengan indeks glikemik rendah dapat secara bertahap membantu tubuh Anda dalam mengelola glukosa lebih efektif. Makanan ini meliputi:

  • Roti gandum utuh, yang memiliki kandungan serat lebih tinggi.
  • Havermut, yang dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks yang baik.
  • Kacang-kacangan, sumber protein dan serat yang baik.
  • Sebagian besar jenis kacang dan biji-bijian, tetapi disarankan untuk menghindari kacang mete dan kacang macadamia karena kandungan glikemiknya yang lebih tinggi.
  • Kebanyakan jenis buah, namun sebaiknya menghindari buah-buahan seperti nanas dan melon yang memiliki indeks glikemik tinggi.
  • Ubi jalar dan ubi jalar, yang merupakan alternatif karbohidrat kompleks yang lebih baik.
  • Ikan berlemak seperti salmon dan cod, yang kaya akan asam lemak omega-3.
  • Yoghurt, terutama yang rendah gula dan tinggi protein.

Menggabungkan makanan-makanan ini dalam diet sehari-hari Anda dapat membantu dalam pengelolaan kadar gula darah yang lebih stabil dan efektif. Nah, itulah beberapa cara menurunkan gula darah dengan cepat yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News