Bugar

Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Ini Daftarnya!

Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Ini Daftarnya!

MOMSMONEY.ID - Sebagian orang mungkin bingung, penderita gula darah rendah darus makan apa? Yuk, intip daftarnya berikut ini.

Gula darah rendah atau hipoglikemia merupakan kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh seseorang turun di bawah batas normal. Salah satu cara untuk mengatasi hipoglikemia adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Mengutip dari WebMD, berikut adalah makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita gula darah rendah:

1. Buah-buahan

Buah-buahan seperti anggur, pisang, dan apel kaya akan fruktosa, sebuah jenis gula alami yang dapat membantu menaikkan gula darah dengan cepat. Buah-buahan ini juga menyediakan nutrisi penting lainnya.

2. Madu atau sirup maple

Kedua pemanis alami ini cepat diserap oleh tubuh dan bisa meningkatkan gula darah dengan cepat. Mengkonsumsi satu atau dua sendok teh madu atau sirup maple bisa memberikan dorongan gula darah yang dibutuhkan.

Baca Juga: Salah Satunya Kekurangan Nutrisi, Inilah Penyebab Gula Darah Rendah

3. Kismis atau buah kering

Kismis dan buah kering lainnya seperti kurma atau aprikot mengandung kadar gula yang tinggi. Sejumlah kecil kismis atau buah kering dapat memberikan peningkatan gula darah yang cepat dan memberikan energi tambahan.

4. Roti putih atau produk olahan terigu

Produk olahan terigu seperti roti putih atau roti tawar memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Namun, konsumsilah dalam jumlah yang sesuai agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes

5. Permen

Permen yang mengandung gula sederhana dapat memberikan peningkatan gula darah yang cepat. Namun, perlu diingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang terkendali agar tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang berlebihan.

6. Jus buah

Jus buah 100% tanpa tambahan gula dapat meningkatkan gula darah dengan cepat karena kandungan fruktosa alaminya. Minum sekitar 1/2 hingga 3/4 cangkir jus buah seperti jus apel, jeruk, atau anggur bisa efektif.

Baca Juga: Khasiat Manggis untuk Kesehatan, Bisa Mengontrol Gula Darah

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk penderita gula darah rendah. Makanan-makanan ini sebaiknya digunakan sebagai solusi cepat untuk menaikkan gula darah yang rendah. Namun, makanan ini tidak diperuntukkan sebagai bagian dari diet sehari-hari bagi orang dengan kondisi gula darah normal atau sebagai pengelolaan jangka panjang diabetes. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News