Bugar

Bantu Atasi Hipertensi, Ini 18 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Darah Tinggi

Bantu Atasi Hipertensi, Ini 18 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Yuk, intip makanan terbaik untuk menurunkan darah tinggi berikut ini. Wajib untuk dicoba!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak dihadapi masyarakat modern. Gaya hidup yang kurang bergerak dan konsumsi makanan tidak sehat menjadi pemicu utama kondisi ini.

Namun, perubahan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mengendalikan dan menurunkan tekanan darah. Melansir dari laman Medical News Today, berikut adalah 18 makanan terbaik untuk menurunkan darah tinggi:

1. Pisang

Sebagai sumber potasium yang sangat baik, pisang membantu mengatur tekanan darah. Asosiasi Jantung Amerika menekankan bahwa potasium dapat mengurangi dampak sodium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

2. Bit

Buah bit diketahui kaya akan nitrat makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan khasiatnya tersebut.

Baca Juga: Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid dari kakao, yang berpotensi menurunkan tekanan darah. Meski begitu, AHA menyarankan konsumsi cokelat hitam hanya sebagai bagian dari diet seimbang.

4. Buah Beri

Blueberry dan stroberi kaya akan anthocyanin, sebuah flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah. Studi 2019 menunjukkan hasil yang konsisten namun memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi klaim ini.

5. Kiwi

Studi menunjukkan bahwa konsumsi harian kiwi dapat menurunkan tekanan darah. Kiwi juga tinggi vitamin C, yang telah terbukti mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi primer.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

6. Semangka

Buah semangka kaya akan citrulline, yang dapat memproduksi arginin dan oksida nitrat yang mendukung fleksibilitas arteri dan dapat menurunkan tekanan darah.

7. Oat

Oat mengandung beta-glukan yang baik untuk kesehatan jantung dan pengelolaan tekanan darah. Studi hewan menunjukkan komponen dalam oat dapat mengurangi stres oksidatif.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber nitrat yang efektif dalam mengelola tekanan darah. Studi 2021 menunjukkan konsumsi harian sayuran berdaun hijau dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Ketahui Nutrisi dan 9 Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan Tubuh

9. Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki sifat antibiotik dan antijamur, dengan allicin sebagai komponen utamanya yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.

10. Makanan Fermentasi

Makanan  fermentasi kaya akan probiotik yang menguntungkan dalam mengelola tekanan darah. Studi 2020 menunjukkan wanita pascamenopause yang mengonsumsi makanan kedelai fermentasi memiliki risiko hipertensi yang lebih rendah.

11. Lentil

Lentil seperti kacang-kacangan dan kacang polong menyediakan serat dan protein yang bermanfaat untuk pembuluh darah dan mungkin mengurangi hipertensi. Studi terbaru menemukan bahwa konsumsi pulsa 55-70 gram per hari terkait dengan risiko hipertensi yang lebih rendah.

Baca Juga: Bisa Menurunkan Kolesterol, Intip 8 Manfaat Kale untuk Kesehatan

12. Yogurt Alami

Studi menunjukkan konsumsi yogurt oleh individu dengan hipertensi terkait dengan tekanan darah sistolik yang lebih rendah.

13. Delima

Delima kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah hipertensi dan aterosklerosis. Penelitian menunjukkan konsumsi jus delima secara teratur dapat mengurangi tekanan darah.

14. Kayu Manis

Kayu manis diketahui memiliki efek moderat dalam menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi hingga 2 gram kayu manis per hari selama 8 minggu atau lebih dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan BMI tinggi.

Baca Juga: 12 Makanan Paling Padat Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan

15. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan beragam jenis terbukti membantu mengelola hipertensi. Studi menunjukkan konsumsi teratur kenari dapat menurunkan tekanan darah.

16. Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung antioksidan hesperidin yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Studi menemukan bahwa konsumsi jus jeruk dapat menurunkan tekanan darah.

17. Ikan Berlemak

Konsumsi ikan berlamak seperti sarden, makarel, dan ikan teri, yang kaya akan asam lemak omega-3, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. AHA merekomendasikan dua porsi ikan berminyak per minggu untuk membantu mengurangi tekanan darah.

Baca Juga: Patut Dicoba, Intip 14 Buah yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh

18. Ekstrak Tomat

Ekstrak tomat yang kaya akan likopen memiliki potensi signifikan dalam menurunkan tekanan darah, khususnya pada orang dengan hipertensi. Penelitian menemukan bahwa konsumsi ekstrak tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan.

Itulah beberapa makanan terbaik untuk menurunkan darah tinggi yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News