Bugar

10 Makanan Penurun Darah Tinggi, Pengidap Hipertensi Harus Tahu

10 Makanan Penurun Darah Tinggi, Pengidap Hipertensi Harus Tahu

MOMSMONEY.ID - Makanan penurun darah tinggi ada apa saja? Yuk, cari tahu beberapa makanannya di sini.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang serius yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Mengatur tekanan darah bukan hanya melalui pengobatan, tapi juga dengan mengubah pola makan. Mengonsumsi makanan penurun darah tinggi menjadi pilihan yang bijak.

Namun, apa sajakah makanan tersebut? Berikut adalah sepuluh makanan yang terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dilansir dari Healthline:

Baca Juga: Pisang Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Faktanya

1. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak diketahui sebagai sumber utama lemak omega-3 yang berkualitas tinggi, memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung. Lemak ini memiliki kemampuan untuk mengurangi inflamasi, yang secara langsung dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

Dalam penelitian pada tahun 2022 menunjukkan bahwa konsumsi harian 2 hingga 3 gram lemak omega-3, yang setara dengan sekitar 3,5 ons salmon, memberikan efek paling signifikan dalam menurunkan tekanan darah.

Lebih lanjut, tingkat konsumsi lemak omega-3 yang tinggi melalui makanan, termasuk ikan, terbukti dapat mengurangi risiko pengembangan hipertensi pada individu dewasa muda yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes.

2. Sayuran hijau

Penelitian pada tahun 2022 menunjukkan bahwa pada wanita yang mengonsumsi makanan dengan kadar natrium tinggi, dengan penambahan 1 gram kalium dari makanan setiap harinya berhubungan dengan penurunan systolic blood pressure (SBP) sebesar 2,4 mm Hg.

Bayam, sebagai contoh dari sayuran hijau, kaya akan nitrat yang berasal dari tumbuhan, zat yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium. Kandungan-kandungan tersebut mendukung fungsi kesehatan jantung yang optimal.

Baca Juga: Ketahui Diet DASH yang Baik untuk Penderita Darah Tinggi

3. Buah beri

Buah beri menyuguhkan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk kemampuannya untuk menurunkan faktor risiko terhadap penyakit jantung, seperti hipertensi.

Kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin dalam buah beri mendukung kesehatan jantung. Anthocyanin berfungsi meningkatkan level oksida nitrat di dalam darah, menekan produksi molekul yang menghambat aliran darah, dan menurunkan tekanan darah.

Meskipun begitu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperkuat bukti manfaat ini.

4. Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan penurun darah tinggi. Sayuran ini mengandung senyawa nabati yang berperan dalam mendukung berbagai fungsi kesehatan, termasuk pengaturan tekanan darah.

Sebuah studi di tahun 2023 mengungkapkan, konsumsi wortel dapat menurunkan risiko hipertensi sebesar 10% untuk setiap 100 gram wortel yang dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Inilah 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi, Cek yuk

5. Yogurt

Yogurt yang mengandung mineral penting seperti kalium dan kalsium, telah terbukti berperan dalam pengaturan tekanan darah. Sebuah analisis dari 28 studi menunjukkan bahwa konsumsi tiga porsi produk susu setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi sebesar 13%.

Sementara itu, penambahan 200 gram susu setiap hari dapat menurunkan risiko tersebut sebesar 5%. Penelitian di tahun 2021 juga menemukan bahwa bagi individu dengan hipertensi, mengonsumsi satu porsi yogurt setiap hari dapat menurunkan SBP.

Peningkatan konsumsi yogurt, dari 2-4 kali per minggu menjadi 5-6 kali, dapat menghasilkan penurunan SBP sebesar 1,44 mm Hg. Tentunya yogurt memberikan manfaat khusus bagi mereka yang mengalami tekanan darah tinggi.

6. Buah kiwi

Buah kiwi sangat kaya akan vitamin C serta mengandung serat, kalium, dan magnesium yang berperan dalam pengaturan tekanan darah.

Dengan kandungan polifenol dan antioksidan nabati yang melimpah, kiwi dianggap dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk hipertensi.

Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk mengonfirmasi efek ini secara lebih luas.

Baca Juga: Waspada! Tekanan Darah Tinggi Berbahaya untuk Ibu Hamil

7. Kentang

Kentang kaya akan senyawa nabati yang terbukti memiliki manfaat dalam mengatur tekanan darah. Sebuah kentang panggang berukuran medium dengan kulitnya menawarkan 941 miligram potassium.

Ini mencakup 20% dari kebutuhan harian dan jumlah ini melebihi apa yang bisa diberikan oleh sebuah pisang sedang. Mengonsumsi kentang dapat menurunkan SBP.

8. Brokoli

Brokoli berperan penting dalam mendukung sistem peredaran darah dan kesehatan secara keseluruhan, termasuk dalam mengurangi tekanan darah.

Kandungan antioksidan flavonoid di dalam brokoli berfungsi menurunkan tekanan darah dengan cara meningkatkan kinerja pembuluh darah dan memperbanyak kadar oksida nitrat dalam tubuh.

9. Telur

Menurut sebuah penelitian, telur menjadi salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi.Dalam studi tahun 2023 yang melibatkan 2.349 orang dewasa di Amerika Serikat, konsumsi lima telur atau lebih setiap minggu terkait dengan penurunan SBP sebesar 2,5 mm Hg.

Hasil tersebut menunjukkan, konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi risiko hipertensi dalam jangka panjang.

Baca Juga: 5 Tips Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

10.  Tomat dan produk olahan tomat

Tomat dan produk olahan tomat kaya akan kalium dan karotenoid lycopene, dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lycopene telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk pengurangan tekanan darah tinggi.

Namun, hasil dari beberapa penelitian menunjukkan variasi dalam hubungan antara konsumsi tomat dengan tekanan darah. Ini menandakan bahwa penelitian klinis lebih lanjut diperlukan untuk memahami efek ini secara penuh.

Demikianlah uraian dari beberapa makanan penurun darah tinggi yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Laba Tumbuh 33%, BSI Berhasil Cetak Kinerja Impresif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News