Bugar

Ketahui Nutrisi dan 9 Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Nutrisi dan 9 Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan mudah ditemukan di seluruh dunia. Tidak hanya rasanya yang lezat, pisang juga membawa segudang manfaat kesehatan dan nutrisi yang penting untuk tubuh. Apa saja sih manfaat konsumsi pisang untuk kesehatan tubuh?

Momsmoney akan mengulas lebih dalam terkait nutrisi yang terkandung dalam pisang dan manfaat konsumsi pisang untuk kesehatan. Simak, ya!

Baca Juga: Bisa Menurunkan Kolesterol, Intip 8 Manfaat Kale untuk Kesehatan

Nutrisi dalam Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan karbohidrat, serat, dan antioksidan, namun rendah protein dan bebas lemak. Sebuah pisang sedang mengandung:

  • Kalori: 112
  • Protein: 1g
  • Karbohidrat: 29g
  • Serat: 3g
  • Vitamin C: 12% AKG
  • Riboflavin: 7% DV
  • Folat: 6% DV
  • Niacin: 5% DV
  • Tembaga: 11% DV
  • Kalium: 10% DV
  • Magnesium: 8% DV

Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan

Bersumber dari Healthline, adapun manfaat konsumsi pisang untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Mengontrol Gula Darah

Pisang mengandung serat larut dan pati resisten, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Pisang kaya akan serat makanan, termasuk pektin dan pati resisten yang berfungsi sebagai prebiotik. Konsumsi pisang mendukung bakteri menguntungkan di usus dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun belum ada penelitian yang langsung menghubungkan pisang dengan penurunan berat badan, kombinasi kalori yang rendah dan serat yang tinggi dalam pisang dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi asupan kalori.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Pisang adalah sumber kalium yang sangat baik, mineral yang penting untuk menjaga tekanan darah normal dan kesehatan jantung. Magnesium dalam pisang juga mendukung kesehatan jantung.

5. Kaya Antioksidan

Pisang mengandung flavonoid dan amin, antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi degeneratif lainnya.

6. Mengenyangkan

Kombinasi serat larut dan karbohidrat rendah kalori dalam pisang membuatnya menjadi camilan yang mengenyangkan, yang bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Konsumsi pisang mentah, yang mengandung pati resisten, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebagai sumber kalium yang sangat baik, pisang dapat mendukung fungsi ginjal yang sehat dan membantu mencegah penyakit ginjal, terutama dengan pengelolaan tekanan darah yang efektif.

9. Mendukung Pemulihan Olahraga

Karena kandungan kalium dan magnesiumnya, pisang adalah makanan ideal untuk pemulihan olahraga. Mineral ini membantu menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat dan dapat mengurangi kram otot.

Nah, demikianlah ulasan lengkap terkait nutrisi dan manfaat konsumsi pisang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News