Bugar

Patut Dicoba, Intip 14 Buah yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh

Patut Dicoba, Intip 14 Buah yang Bagus untuk Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh

MOMSMONEY.ID - Buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol apa saja ya? Mari simak daftarnya berikut ini.

Makanan yang kita konsumsi memiliki peran besar dalam mengatur kadar kolesterol dalam darah. Salah satu cara efektif untuk menurunkan kolesterol adalah melalui konsumsi buah-buahan.

Buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol apa saja ya? Menyadur dari laman Honest Docs, berikut ini telah Momsmoney rangkumkan 14 buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol paling ampuh:

1. Apel

Apel

Apel kaya akan beta-glucan dan serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah pengerasan arteri. Konsumsi buah ini sangat baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Menilik Manfaat Air Hangat untuk Asam Lambung serta Tips untuk Konsumsinya

2. Buah Pir

Buah pir kaya akan pektin, jenis serat larut yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga memperlancar pencernaan.

3. Pisang

Pisang mengandung serat yang dapat mengurangi LDL dan kalium yang mendukung penurunan tekanan darah, serta membantu menjaga jantung Anda tetap sehat.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan flavonoid polymethoxylated yang kuat dalam menurunkan LDL, kolesterol jahat.

Kandungan vitamin C tinggi dalam jeruk nipis juga membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, sambil menurunkan total kolesterol secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Pilihan Minuman yang Bagus untuk Asam Lambung, Ayo Konsumsi!

5. Jambu Biji

Jambu biji sangat kaya akan vitamin C, E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Flavonoid, khususnya, berperan penting dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus jambu biji selama dua bulan dapat mengurangi kolesterol hingga 53%.

6. Anggur

Anggur merupakan sumber flavonoid yang membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penggumpalan darah serta kerusakan dari radikal bebas. Anggur juga mengandung serat dan catechin yang menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.

7. Buah Delima

Buah delima tidak hanya menurunkan kolesterol, tetapi juga menghilangkan plak dalam aliran darah, berkat kandungan oksida nitratnya. Antioksidan dalam buah delima juga tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah.

8. Mangga

Buah mangga

Mangga adalah sumber vitamin C yang baik yang dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat, penyebab utama plak pada pembuluh darah. Mangga juga merupakan sumber serat yang baik yang mengurangi penyerapan kolesterol selama pencernaan.

Baca Juga: Ada Alpukat hingga Pisang, Inilah 11 Buah yang Baik untuk Asam Lambung

9. Buah Beri

Buah beri mengandung pterostilbene, antioksidan yang menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penumpukan plak di arteri, yang dapat mengarah pada serangan jantung dan stroke.

10. Alpukat

Jangan terkecoh dengan kandungan lemaknya; alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang justru baik untuk kesehatan karena meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Alpukat juga kaya akan beta-sitosterol, yang mengurangi kolesterol yang diserap dari makanan.

11. Buah Zaitun

Buah zaitun mengandung antioksidan hydroxytyrosol yang efektif menurunkan LDL tanpa mempengaruhi HDL. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E dalam buah zaitun juga mendukung peningkatan kolesterol baik.

12. Jeruk Lemon

Jeruk lemon tinggi vitamin C, yang membantu mengurangi produksi apo-B, molekul yang meningkatkan kolesterol dalam darah. Lemon juga kaya akan antioksidan yang berperan mengurangi LDL.

Baca Juga: 13 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah yang Terbaik, Bisa Dicoba!

13. Tomat

Tomat ceri

Tomat adalah sumber likopen yang sangat baik, yang dikenal bisa menurunkan LDL. Selain sebagai buah penurun kolesterol, tomat juga baik untuk penderita maag kronis karena sifatnya yang menenangkan lambung.

14. Semangka

Semangka mengandung likopen yang dapat menurunkan LDL dan merupakan buah segar yang ideal untuk dikonsumsi.

Demikianlah rekomendasi buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol paling ampuh. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News