Keluarga

Bahaya Sinar UV Hari Ini Masih Capai Level Ekstrem di Siang Hari!

Bahaya Sinar UV Hari Ini Masih Capai Level Ekstrem di Siang Hari!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Rabu, 10 Januari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Fitur WhatsApp Terbaru, Bakal Bisa Share Musik saat Video Call

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sinar UV berbahaya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua. Kemudian sinar UV berbahaya secara perlahan akan melanda seluruh wilayah Indonesia. Namun indeks bahaya sinar UV tak langsung level bahaya ekstrem. 

Di Papua dan Maluku, sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem akan dirasakan mulai pukul 10.00 WIT hingga 14.00 WIT. Kondisi berangsur aman setelahnya, namun benar-benar aman setelah pukul 15.00 WIT. 

Di Sulawesi dan Nusa Tenggara maupun Bali, sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem dirasakan pada pukul 10.00 WITA hingga 13.00 WITA. Setelah itu level bahaya sinar UV akan berangsur turun ke bahaya tinggi kemudian sedang, rendah dan aman. Adapun  kondisi mulai aman pada pukul 16.00 WITA. 

Di Kalimantan dan Jawa, sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga tinggi dirasakan mulai pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB. Sedangkan di Sumatera bahaya sinar UV sangat tinggi dirasakan mulai pukul 10.00 WIB. Khusus Sumatera bahaya sinar UV tak sampai level ekstrem.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Terbaik untuk Melawan Tanda-Tanda Penuaan pada Kulit

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan.

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News