Keluarga

Hari Ini Sinar UV Berbahaya Capai Level Ekstrem Mulai Pukul 09.00 WIB

Hari Ini Sinar UV Berbahaya Capai Level Ekstrem Mulai Pukul 09.00 WIB

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Kamis, 21 Desember 2023 meski telah memasuki musim hujan. 

Sinar UV berbahaya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua. Mulai pukul 09.00 WIT, sinar UV berbahaya capai level tinggi. Kemudian meningkat pada pukul 10.00 WIT menjadi sangat tinggi. 

Pada pukul 07.00 WIB, sinar UV masih dalam kadar aman di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Sumatera. Sehingga masih aman untuk beraktivitas di luar tanpa perlindungan apapun. 

Baca Juga: 5 Jenis Bra Terbaik untuk Payudara Kecil, Bikin Payudara Terlihat Bervolume!

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Kamis, 21 Desember 2023.

  • 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT: Sinar UV berbahaya sangat tinggi dan ekstrem meliputi Papua. Sementara itu sinar UV berbahaya sangat tinggi berada di wilayah Maluku, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara.
  • 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem berada di wilayah Papua Barat, Maluku, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya tinggi berada di wwilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa.
  • 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem meliputi wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Sinar UV berbahaya sangat tinggi meliputi wilayah  Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku/ 
  • 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem hanya berada di atas langit Bali dan Nusa Tenggara. Sisanya wilayah RI alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. Di Papua sinar UV sudah alami penurunan ke level sedang.

Kondisi sinar UV bahaya tinggi hingga sangat tinggi akan berlanjut hingga pukul 14.00 WIB, 15.00 WITA dan 16.00 WIT. Kondisi baru aman setelah pukul 15.00 WIB, 16.00 WITA dan 18.00 WIT. 

Jika harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Hindari Misinformasi, TikTok Gaungkan Kampanye SalingJaga

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Gas LPG 3 Kg Hanya untuk Konsumen Terdata Mulai 1/1/2024, Ini Cara Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News