Bugar

Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol yang Dapat Anda Coba

Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol yang Dapat Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Memilih lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang tepat tidak hanya dapat membantu mengelola kondisi ini, tetapi juga mempromosikan kesehatan jangka panjang.

Mengatur pola makan merupakan langkah penting bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi. Menyadur dari laman Health Grid, berikut adalah beberapa lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang menyehatkan:

1. Ayam tanpa kulit

Sebagai sumber protein rendah lemak, daging ayam, khususnya bagian yang tidak berkulit, bisa menjadi pilihan tepat untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang memicu peradangan. Bagian kulitnya yang kaya lemak jenuh harus dihindari.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga untuk Asam Lambung, Simak Rekomendasi Gerakannya

2. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang rendah purin dan kaya nutrisi penting seperti vitamin D, esensial untuk kesehatan tulang. Telur bisa dikonsumsi secara moderat sebagai pilihan protein yang aman.

3. Tahu dan tempe

Sumber protein nabati ini memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibanding daging merah, menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tanpa meningkatkan risiko serangan asam urat.

Baca Juga: 9 Makanan yang Menyebabkan Alergi serta Gejala yang Ditimbulkan, Cek yuk

4. Ikan Omega-3 tinggi

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna kaya akan omega-3, yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan memperkuat kesehatan jantung. Meski demikian, konsumsi harus dijaga dalam batas wajar karena tingginya purin pada beberapa jenis ikan bisa mempengaruhi kadar asam urat.

5. Sayuran hijau

Sayuran seperti brokoli kaya serat dan vitamin, serta rendah purin, sangat baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan pencernaan serta kesehatan tubuh secara umum.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anda, Ada 7 Hal yang Luar Biasa

6. Kentang

Sebagai sumber karbohidrat rendah purin, kentang juga mengandung potasium yang mendukung keseimbangan cairan dalam tubuh. Hindari menggoreng dan pilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus atau membakar.

7. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang hijau, menyediakan serat dan protein yang mendukung keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Enak dan Mudah Dibuat, Ini 10 Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung

8. Buah-buahan segar

Buah-buahan seperti ceri, stroberi, apel, dan pir, adalah camilan sehat yang menunjukkan potensi dalam mengurangi kadar asam urat, terutama ceri.

Itulah beberapa lauk pauk untuk penderita asam urat dan kolesterol yang menyehatkan. Manakah yang ingin Anda coba setelah ini?

Selanjutnya: BI Berpotensi Turunkan Suku Bunga Acuan ke Level 5,75% Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News