Bugar

Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat? Cek Faktanya di Sini, yuk!

Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat? Cek Faktanya di Sini, yuk!

MOMSMONEY.ID - Diduga menjadi salah satu makanan pemicu, apakah terong menyebabkan asam urat?

Asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan penumpukan kristal urat di sendi, yang menyebabkan nyeri, kemerahan, dan bengkak.

Meski banyak mitos beredar mengenai makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat, penting untuk membedakan antara mitos dan fakta. Lantas, apakah terong menyebabkan asam urat?

Purin yang terkandung dalam terong memang benar adanya, namun tingkat kandungan purin dalam terong tergolong rendah. Menurut beberapa studi, makanan yang kaya purin tinggi baru benar-benar berisiko meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Terong mengandung purin dalam jumlah yang relatif rendah jika dibandingkan dengan makanan tinggi purin seperti jeroan, ikan sarden, dan daging merah.

Hal ini menunjukkan bahwa terong dapat dikonsumsi tanpa kekhawatiran berlebih oleh kebanyakan orang, termasuk mereka yang menderita asam urat.

Baca Juga: 10 Manfaat Sukun bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Melansir dari laman Dokter Sehat, terong ungu adalah salah satu pilihan makanan dengan kadar purin rendah. Terong ungu kaya akan protein dan berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kalsium, mangan, magnesium, besi, fosfor, seng, dan potassium.

Mineral-mineral ini berperan penting dalam mengurangi nyeri sendi yang sering dialami oleh penderita asam urat. Khususnya, magnesium, zat besi, dan mangan dalam terong ungu dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar asam urat di persendian, sehingga mengurangi gejala asam urat.

Terong ungu dapat diolah menjadi berbagai masakan, seperti campuran sayuran atau sambal. Namun, disarankan untuk menghindari menggoreng terong dalam minyak yang banyak untuk menjaga agar kandungan lemak dan kolesterolnya tetap rendah.

Baca Juga: Khasiat Seledri untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya, Cek yuk!

Itulah jawaban atas pertanyaan apakah terong menyebabkan asam urat atau tidak. Pernyataan bahwa terong bisa menyebabkan asam urat lebih banyak merupakan mitos daripada fakta.

Meskipun terong mengandung purin, jumlahnya tidak cukup tinggi untuk secara signifikan meningkatkan asam urat pada kebanyakan orang.

Seperti dalam pola makan lainnya, kunci utamanya adalah konsumsi secara moderat. Konsumsi terong, kecuali ada kondisi medis tertentu, seharusnya tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang, termasuk mereka yang berisiko terkena asam urat.

Selanjutnya: Daftar Makanan Khas China yang Terkenal Lezat dan Autentik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News