Bugar

Berapa Nilai Normal Asam Urat Pria? Cek di Sini yuk

Berapa Nilai Normal Asam Urat Pria? Cek di Sini yuk

MOMSMONEY.ID - Sangat penting untuk menjaganya tetap di batas normal, berapa nilai normal asam urat pria sebenarnya?

Kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti gout atau penyakit ginjal.

Memahami nilai normal asam urat penting bagi pria untuk memonitor dan menjaga kesehatan mereka. Lantas, berapa nilai normal asam urat pria?

Bersumber dari laman Dokter Sehat,  World Health Organization (WHO) menetapkan kadar asam urat normal bagi pria dewasa berkisar antara 2 hingga 7,5 miligram per desiliter darah.

Bagi pria yang berusia di atas 40 tahun, kadar asam urat yang dianggap normal adalah antara 2 hingga 8,5 miligram per desiliter darah.

Sementara pada remaja pria yang berusia 10 hingga 18 tahun, kadar normalnya berada di rentang 3,6 hingga 5,5 miligram per desiliter darah.

Baca Juga: Cegah Kekambuhan, Mari Mengulik Manfaat Wedang Jahe untuk Asam Lambung

Nah, demikianlah ulasan terkait berapa nilai normal asam urat pria. Sangat penting untuk menjaga kadar asam urat berada dalam batas normal.

Adapun beberapa cara untuk menjaga kadar kolesterol tetap ada di batas normal yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:

1. Pola makan rendah purin

Kurangi makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, beberapa jenis ikan dan makanan laut (sarden, teri, tuna), serta makanan dan minuman yang mengandung fruktosa tinggi. Gantikan dengan makanan rendah purin seperti telur, susu rendah lemak, dan kebanyakan sayuran.

Baca Juga: Apakah Temulawak Bisa Mengobati Asam Lambung? Begini Cara Konsumsinya

2. Hidrasi yang cukup

Minum cukup air setiap hari untuk membantu ginjal membuang asam urat lebih efisien. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari.

3. Batasi atau hindari alkohol

Alkohol, terutama bir dan minuman keras, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan menghambat kemampuan ginjal untuk membuang asam urat.

Baca Juga: Daun Kelor untuk Asam Urat, Apakah Efektif dan Aman? Ini Faktanya

4. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan sehat dan meningkatkan kesehatan umum.

Semoga informasi terkait berapa nilai normal asam urat pria serta cara menjaganya agar tetap di batas normal bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya: Gelar RUPST, Berikut Perubahan Susunan Komisaris dan Direksi KB Bank (BBKP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News