Bugar

Apa yang Terjadi jika Makan Telur Setiap Hari? Cari Tahu di Sini, yuk

Apa yang Terjadi jika Makan Telur Setiap Hari? Cari Tahu di Sini, yuk

MOMSMONEY.ID - Masuk dalam daftar makanan yang menyehatkan. Apa yang terjadi jika makan telur setiap hari?

Telur adalah sumber protein yang sangat terjangkau di supermarket. Selain itu, telur juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan sehat.

Namun, mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apa yang terjadi jika makan telur setiap hari? Berikut adalah penjelasan ilmiah tentang efek mengonsumsi telur setiap hari terhadap tubuh Anda.

1. Memberikan rasa kenyang dan berenergi

Kuning telur adalah sumber penting vitamin B12, vitamin D, dan kolin yang membantu mengubah makanan menjadi energi yang bisa digunakan tubuh. Kombinasi protein dan lemak sehat dalam telur juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Tawas bagi Kesehatan, Salah Satunya Usir Bau Ketiak!

2. Menyehatkan rambut dan kulit

Telur adalah sumber vitamin B yang baik, termasuk B2, B5, dan B12, yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin B larut dalam air, artinya tubuh tidak menyimpannya dalam jumlah besar, jadi konsumsi rutin telur membantu memenuhi kebutuhan harian Anda. Telur juga mengandung asam amino yang mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

3. Kemampuan berpikir yang lebih jernih

Telur kaya akan kolin, sebuah mikronutrien yang penting untuk pembentukan membran sel dan neurotransmitter.

Melansir dari Eating Well, kolin esensial untuk fungsi memori, suasana hati, dan sistem saraf secara umum. Kekurangan kolin bisa membuat Anda merasa tidak fokus.

4. Menyehatkan mata

Kuning telur mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Karotenoid ini membantu mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Baca Juga: 10 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol lho

5. Tulang menjadi lebih kuat

Vitamin D dalam telur membantu menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium. Makan satu telur setiap hari dapat membantu mendukung pertumbuhan dan perbaikan tulang yang sehat.

6. Menyehatkan jantung

Meskipun telur mengandung kolesterol, konsumsi kolesterol dari makanan ternyata memiliki dampak minimal terhadap kadar kolesterol darah.

Penelitian menunjukkan, telur dapat meningkatkan kesehatan jantung, terutama karena kandungan nutrisi penting lainnya seperti folat dan vitamin B.

Baca Juga: Khasiat Timun untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui, Begini Cara Konsumsinya

Itulah ulasan lengkap mengenai, apa yang terjadi jika makan telur setiap hari. Makan telur setiap hari dapat membawa banyak manfaat kesehatan, dari meningkatkan energi dan kenyang lebih lama hingga mendukung fungsi otak dan kesehatan mata.

Namun, penting untuk mempertimbangkan moderasi dan keseimbangan dalam pola makan Anda secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News