Santai

Apa Boleh Makan Mie Instan 2 Porsi Sekaligus? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Apa Boleh Makan Mie Instan 2 Porsi Sekaligus? Cari Tahu Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Sebenarnya apa boleh mengonsumsi mie instan dalam dua porsi sekaligus? Ada dampak buruknya bagi kesehatan enggak, sih?

Mie instan yang dijual di pasaran biasanya telah diatur dalam kemasan dan porsinya masing masing

Terkadang porsi yang dirasakan saat memakan mie instan terasa kurang. Sehingga kebiasaan untuk mengonsumsi mie instan dalam porsi lebih sering dijadikan alternatif.

Walaupun menjadi pemuas rasa lapar, ternyata dua porsi atau lebih mie instan yang dikonsumsi terus-menerus bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ada 3, Ini Jenis Tidur Siang dan Manfaatnya buat Tubuh

Ada alasan yang membuat makan dua porsi mie instan secara langsung berbahaya bagi kesehatan.

Alasan utamanya adalah karena kandungan gizi tertinggi yang ada pada mie instan adalah natrium. Kurang lebih terdapat 1.070 mg natrium yang terkandung pada satu porsi mie instan.

Maka secara logika, dengan mengonsumsi dua porsi mie instan tubuh akan menerima natrium lebih dari 2.000 mg dalam satu hari.

Sedangkan WHO menyarankan agar konsumsi natrium tak melebihi 2.000 mg dalam sehari.

Masalah gangguan kesehatan akan lebih rentan terjadi apabila tubuh mengonsumsi lebih dari 2.000 mg natrium dalam sehari.

Baca Juga: Berbahaya buat Kandungan, 4 Jenis Makanan Ini Wajib Dihindari Ibu Hamil

Ketika kondisi natrium tinggi dalam tubuh maka ginjal akan membuang sisa natrium melalui urin. Namun, ginjal memiliki kapasitas untuk bisa membuang sisa natrium dalam bentuk urin.

Jika ginjal sudah tak mampu menahan sisa natrium dalam tubuh, maka sisa natrium tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan darah.

Natrium yang menumpuk pada darah akan menarik dan menahan cairan yang ada pada aliran darah. Yang mengakibatkan meningkatnya volume darah dalam tubuh.

Hal tersebutlah yang kemudian memicu jantung untuk bekerja lebih keras dan memicu kenaikan pada tekanan darah. Yang biasa disebut dengan hipertensi.

Selanjutnya, risiko hipertensi ini akan mulai terasa pada jangka panjang. Hipertensi juga dapat memicu munculnya komplikasi penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, hingga penyakit ginjal.

Maka dari itu, mengonsumsi mie instan dua porsi sekaligus tidak disarankan untuk dilakukan terus-menerus karena bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News