Bugar

10 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol lho

10 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol lho

MOMSMONEY.ID - Menyimpan sejumlah manfaat, ternyata ini beberapa manfaat anggur untuk kesehatan tubuh. Cek ada apa saja!

Anggur adalah buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, serta memiliki kandungan air yang tinggi yang bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi anggur.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat anggur untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Menguatkan Sistem Imun

Anggur kaya akan vitamin C yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi bakteri dan virus. Sebuah sistem kekebalan yang kuat membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Khasiat Timun untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui, Begini Cara Konsumsinya

2. Mencegah Kanker

Anggur sarat dengan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, molekul yang bisa merusak sel dan berpotensi menyebabkan kanker.

Salah satu antioksidan yang terdapat dalam anggur adalah resveratrol. Diketahui kandungan tersebut dapat mengurangi inflamasi dan memblokir pertumbuhan sel kanker.

Kandungan antioksidan lainnya seperti katekin, quercetin, dan antosianin juga berperan penting dalam melawan kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Anggur memiliki kandungan natrium yang rendah dan tinggi kalium yang membantu menyeimbangkan tekanan darah. Konsumsi anggur bisa mengurangi risiko hipertensi.

Baca Juga: 6 Minuman Bikin Panjang Umur yang Tak Banyak Orang Tahu, Ada Kopi

4. Melindungi dari Penyakit Jantung

Resveratrol dalam anggur tidak hanya berguna untuk mencegah kanker, tetapi juga terbukti melindungi tubuh dari penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa diet tinggi kalium dan rendah natrium dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Anggur kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Serat berfungsi seperti penyapu yang membersihkan kolesterol dari aliran darah dan membawanya ke hati untuk diproses.

6. Melindungi dari Diabetes

Anggur memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti tidak cepat meningkatkan gula darah. Nutrisi dalam anggur juga diketahui dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan, yuk Coba!

7. Menjaga Kesehatan Otak

Resveratrol juga memiliki efek positif terhadap otak dengan mengurangi stres oksidatif, yangberperan dalam mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

8. Mendukung Kesehatan Tulang

Anggur kaya akan vitamin K dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium, yang semua penting untuk kesehatan tulang. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk sepenuhnya memahami manfaat ini.

9. Memperlambat Penuaan

Selain itu, anggur juga diketahui memperlambat proses penuaan berkat kemampuannya merangsang gen yang berperan dalam umur panjang dan melindungi dari penuaan sel.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Inilah Manfaat Makan Pepaya bagi Kesehatan Tubuh Anda

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Anggur juga membantu meningkatkan kualitas tidur, karena mengandung melatonin, yang membantu tidur lebih nyenyak.

Nah, itulah beberapa manfaat anggur untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News