Bugar

9 Olahraga Penurun Gula Darah yang Ampuh, Sudahkah Anda Mencobanya?

9 Olahraga Penurun Gula Darah yang Ampuh, Sudahkah Anda Mencobanya?

MOMSMONEY.ID - Patut untuk dicoba, inilah beberapa rekomendasi olahraga penurun gula darah yang ampuh!

Bagi banyak orang, menjaga kadar gula darah tetap stabil merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan. Terutama bagi penderita diabetes atau pradiabetes, olahraga memiliki peran besar dalam mengontrol kadar gula darah.

Beberapa jenis olahraga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat dan efektif. Melansir dari Healthline, inilah beberapa olahraga penurun gula darah yang ampuh:

1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga yang mudah dan murah. Dengan berjalan cepat selama 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu, Anda sudah memenuhi kebutuhan olahraga aerobik dasar.

Menurut penelitian, berjalan dapat membantu penderita diabetes tipe 2 menurunkan tekanan darah, kadar HbA1c, dan indeks massa tubuh.

Baca Juga: 10 Minuman Terbaik untuk Menurunkan Gula Darah dengan Cepat

2. Bersepeda

Bersepeda menjadi pilihan bagus bagi mereka yang memiliki masalah sendi atau nyeri neuropati. Bersepeda adalah olahraga berdampak rendah yang mengurangi ketegangan pada sendi dan membantu meningkatkan kebugaran.

Olahraga ini juga efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang bermanfaat untuk manajemen gula darah.

3. Berenang

Olahraga di air, seperti berenang dan aerobik air, menawarkan latihan yang efektif tanpa membebani sendi. Menurut studi, olahraga air dapat membantu penderita diabetes tipe 2 meningkatkan kebugaran fisik, kekuatan otot, dan kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Buah yang Menurunkan Asam Urat Paling Cepat Apa Saja? Ini 10 Rekomendasinya

4. Tari Aerobik

Tari aerobik, seperti Zumba, adalah latihan intens yang menggabungkan gerakan dansa dan latihan aerobik.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes tipe 2 menjadi lebih termotivasi untuk berolahraga setelah mengikuti kelas Zumba selama beberapa minggu dan juga menunjukkan peningkatan kebugaran serta penurunan berat badan.

5. Angkat Beban

Angkat beban dapat membantu membangun massa otot yang meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh setiap hari. Selain itu, latihan kekuatan juga bermanfaat untuk mengelola gula darah.

Baca Juga: Apakah Buah Naga Bagus untuk Diet Tubuh? Mari Kupas Faktanya di Sini

6. Latihan dengan Resistance Band

Selain beban, Anda bisa menggunakan resistance band untuk memperkuat otot. Resistance band menawarkan berbagai gerakan penguatan otot yang efektif dan sederhana.

Menurut penelitian, latihan dengan resistance band juga bermanfaat untuk membantu mengelola kadar gula darah.

7. Calisthenics

Calisthenics adalah latihan yang menggunakan berat tubuh sendiri untuk memperkuat otot, seperti push-up, squat, dan crunch perut.

Olahraga ini cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan kekuatan tanpa peralatan khusus.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan? Ini Dia 8 Manfaatnya

8. Pilates

Pilates adalah program kebugaran yang membantu meningkatkan kekuatan inti, koordinasi, dan keseimbangan. Studi menunjukkan bahwa Pilates juga bermanfaat untuk mengelola gula darah pada wanita dewasa dengan diabetes tipe 2.

9. Yoga

Yoga dapat membantu menurunkan gula darah, tekanan darah, dan berat badan. Yoga juga membantu menurunkan stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Ini yang Efek Samping Sering Menahan Kentut

Itulah beberapa olahraga penurun gula darah yang ampuh dan dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

 

Selanjutnya: 15 Makanan Tinggi Protein yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Jangan Lewatkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News