Bugar

Buah yang Menurunkan Asam Urat Paling Cepat Apa Saja? Ini 10 Rekomendasinya

Buah yang Menurunkan Asam Urat Paling Cepat Apa Saja? Ini 10 Rekomendasinya

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa rekomendasi. Buah yang menurunkan asam urat paling cepat apa saja, ya?

Asam urat adalah zat yang terbentuk dari pemecahan purin dalam tubuh. Jika kadar asam urat terlalu tinggi, kristal asam urat dapat menumpuk di persendian, sehingga menyebabkan nyeri dan peradangan.

Mengonsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan tertentu, dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah, Begini Penjelasannya!

Lantas, buah yang menurunkan asam urat paling cepat apa saja? Menyadur dari laman Dokter Sehat, inilah rekomendasinya:

1. Apel
Apel membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi kelebihan asam urat dalam darah, yang bisa menurunkan risiko serangan asam urat. Kandungan antioksidannya juga membantu meredakan peradangan dan nyeri.

2. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin, dan mineral, serta antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menangkal radikal bebas. Vitamin E dalam alpukat juga dapat mengurangi risiko serangan asam urat.

Baca Juga: Gula Darah Setelah Makan Normalnya Berapa? Cek di Sini, yuk

3. Pisang
Pisang mendukung pencernaan yang baik dan membantu mengurangi peradangan akibat asam urat berkat kandungan kalium yang tinggi.

4. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C, asam sitrat, dan antioksidan yang dapat meredakan peradangan, termasuk peradangan karena asam urat. Mengonsumsi air perasan jeruk atau lemon hangat secara rutin bisa membantu mengurangi nyeri akibat serangan asam urat.

Baca Juga: Apakah Buah Naga Bagus untuk Diet Tubuh? Mari Kupas Faktanya di Sini

5. Stroberi
Stroberi memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, sehingga baik untuk penderita asam urat. Jenis berry lain seperti blueberry dan raspberry juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri.

6. Delima
Delima kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, yang efektif meredakan nyeri karena asam urat. Jus delima juga bisa menjadi pilihan minuman yang segar untuk penderita asam urat

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan? Ini Dia 8 Manfaatnya

7. Ceri
Ceri mengandung anthocyanin, antioksidan kuat yang memiliki sifat antiinflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat dan mencegah pembentukan kristal asam urat di persendian.

8. Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain dengan sifat antiinflamasi, yang membuatnya baik untuk penderita asam urat. Kandungan vitamin C dalam pepaya juga menambah perlindungan bagi tubuh.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Ini yang Efek Samping Sering Menahan Kentut

9. Kiwi
Kiwi membantu mengatur kadar asam urat berkat kandungan potassium, folat, vitamin C, dan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah penumpukan asam urat.

10. Nanas
Nanas memiliki berbagai vitamin, enzim, dan antioksidan, termasuk bromelain, yang membantu mengurangi serangan asam urat dan intensitas gejalanya.

Baca Juga: Bisa Berbahaya, Ini Beberapa Penyakit Akibat Kelelahan yang Perlu Anda Ketahui

Demikianlah ulasan tentang buah yang menurunkan asam urat paling cepat apa saja. Selain mengonsumsi buah-buahan ini, penting untuk minum cukup air setiap hari dan menghindari makanan tinggi purin yang bisa memicu peningkatan asam urat. Semoga bermanfaat!

 

Selanjutnya: BI Pangkas BI Rate, Budi Gadai Belum Ada Rencana Turunkan Bunga Gadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News