Bugar

8 Manfaat Menghirup Udara Segar di Pagi Hari, Jangan Dilewatkan ya

8 Manfaat Menghirup Udara Segar di Pagi Hari, Jangan Dilewatkan ya

MOMSMONEY.ID - Di pagi hari, udara masih terasa begitu segar karena belum tercampur oleh asap kendaraan dan polutan lainnya. Tahukah Anda bahwa terdapat sejumlah manfaat menghirup udara segar di pagi hari, lo.

Kegiatan satu ini rupanya berdampak baik untuk kesehatan fisik maupun mental Anda. Melansir dari laman Healthier Steps, di bawah ini adalah delapan manfaat menghirup udara segar di pagi hari:

1. Meningkatkan kebahagiaan

Udara segar kaya akan oksigen yang meningkatkan kadar oksigen dalam darah Anda. Ini memfasilitasi pelepasan serotonin, hormon yang membuat Anda merasa baik. Hal ini tidak hanya meningkatkan energi Anda tetapi juga stabilisasi mood dan meningkatkan perasaan bahagia.

Baca Juga: Pilihan Minuman Sehat yang Dapat Dikonsumsi di Pagi Hari, Mau Coba?

2. Membersihkan paru-paru

Menghirup udara yang penuh polusi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit paru-paru kronis seperti PPOK, asma, dan kanker. Udara segar dengan kandungan oksigen yang tinggi dan polutan yang sedikit.

Hal ini membantu paru-paru berfungsi lebih baik. Pembuluh darah di paru-paru melebar dan mengembang, sehingga memfasilitasi pertukaran gas yang lebih efisien dan membuang racun lebih banyak dari tubuh.

3. Memperkuat sistem imun

Setiap sel di tubuh membutuhkan oksigen untuk metabolisme yang esensial untuk mempertahankan kehidupan. Dengan meningkatkan asupan udara segar, Anda meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

Menghirup udara segar membantu menghapus racun dan membantu sel darah putih memerangi bakteri berbahaya, parasit, dan virus. Oksigen juga penting untuk proses inflamasi akut yang membantu tubuh melawan infeksi.

Baca Juga: Apakah Benar Konsumsi Sate Berlebihan Bisa Menyebabkan Kanker? Ini Faktanya!

4. Baik untuk pencernaan

Udara segar meningkatkan aliran oksigen ke sel-sel Anda, yang memperbaiki sirkulasi dan fungsi sel, sehingga membantu proses pencernaan makanan lebih efisien.

Berada di luar ruangan dan menghirup udara segar dapat membatalkan efek dari gaya hidup duduk terlalu lama, seperti saat bekerja di kantor, dimana aliran darah lebih banyak dialihkan ke otak daripada saluran pencernaan.

5. Mengurangi penyakit dan infeksi

Bakteri dan virus berkembang biak di udara yang lembap dan hangat di dalam ruangan, tetapi peluang bertahan hidup mereka di udara segar sangat minimal. Oleh karena itu, menghirup udara segar dapat mengurangi potensi Anda terjangkit penyakit ataupun infeksi.

Baca Juga: 11 Buah Penurun Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

6. Meningkatkan energi dan kekuatan pikiran

Menghabiskan waktu di alam membantu Anda merasakan energi yang baik. Oksigen tambahan yang Anda hirup tidak hanya menyegarkan paru-paru tetapi juga otak, meningkatkan energi, kesadaran, dan produktivitas Anda.

7. Membantu tidur lebih nyenyak

Udara segar dapat meningkatkan tingkat serotonin, yang membantu Anda tetap tenang dan rileks. Menghirup udara segar di pagi hari dapat menetralisir pikiran negatif dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari nanti.

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 6 Pilihan Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

8. Memperpanjang umur

Menghirup udara segar secara teratur dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan berpotensi memperpanjang usia Anda.

Hal ini terkait dengan sistem kekebalan yang lebih baik, paru-paru yang sehat, dan perlindungan jantung, faktor-faktor yang diketahui berkontribusi pada umur yang lebih panjang.

Nah, itulah beberapa manfaat menghirup udara segar di pagi hari yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang, luangkan waktu Anda untuk merasakan udara segar setiap pagi, ya. Jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk kesehatan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News