Keluarga

Kulit Jadi Gampang Cerah, Ini 5 Manfaat Menggunakan Serum Vitamin C di Pagi Hari

Kulit Jadi Gampang Cerah, Ini 5 Manfaat Menggunakan Serum Vitamin C di Pagi Hari

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari di sini.

Vitamin C merupakan vitamin larut air dengan sifat antioksidan alami yang membantu menjaga fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit dari dalam ke luar.

Meskipun asupan vitamin C harian bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, dan suplemen, namun hanya sebagian kecil dari antioksidan penting ini yang masuk ke kulit untuk meningkatkan kolagen dan penyembuhan.

Itulah mengapa produk skincare yang mengandung vitamin C seperti serum juga diperlukan.

Kendati bisa digunakan pada malam hari, namun penggunaan serum vitamin C di pagi hari jauh lebih disarankan.

Ini karena serum vitamin C mampu bekerja sama dengan sunscreen untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV matahari berkat sifat antioksidannya yang tinggi.

Selengkapnya, berikut 5 manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari sebagaimana dilansir dari Garnier.

Baca Juga: Jangan Dicampur! Ini 6 Kombinasi Skincare yang Bisa Merusak Kulit

1. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari yang pertama yaitu melindungi kulit dari radikal bebas.

Faktor lingkungan seperti radiasi sinar UV, polusi, dan asap rokok dapat menyebabkan radikal bebas yang memicu stres oksidatif dan merusak sel-sel kulit.

Dengan menggunakan serum vitamin C di pagi hari, itu dapat memberikan hasil yang luar biasa bagi kulit. Ini karena vitamin C merupakan antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan.

2. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari yang kedua yaitu meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen adalah protein yang diperlukan untuk menjaga fungsi epidermis. Sayangnya, tubuh cenderung memproduksi lebih sedikit kolagen seiring bertambahnya usia. Jika dibiarkan, tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur akan lebih cepat muncul.

Selain itu, kolagen juga penting untuk membantu kulit menyembuhkan dirinya sendiri setelah mengalami kerusakan akibat sinar matahari.

Nah, guna membantu meningkatkan produksi kolagen yang mulai berkurang, pakailah serum vitamin C secara rutin terutama di pagi hari. Dengan begini, kulit Anda akan senantiasa halus dan kencang.

3. Mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi

Manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari yang ketiga yaitu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Vitamin C terkenal dengan efek mencerahkannya. Rutin menggunakan serum vitamin C di pagi hari dapat membantu meratakan warna kulit.

Tak sampai di situ, menggunakan serum vitamin C di pagi hari juga bisa mencegah sintesis melanin (pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit) untuk mengurangi munculnya bintik-bintik hitam dan hiperpigmentasi.

Baca Juga: 5 Jenis Laser Wajah Paling Populer di Dunia Kecantikan, Cari Tahu Sebelum Coba

4. Memperbaiki tekstur kulit

Manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari yang keempat yaitu memperbaiki tekstur kulit.

Serum vitamin C dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dengan meningkatkan pergantian sel dan pengelupasan kulit. Ini bekerja dengan melarutkan ikatan yang menyatukan sel-sel kulit mati, sehingga sel-sel tersebut mudah terlepas.

Memasukkan serum vitamin C ke dalam rutinitas skincare pagi dapat membantu Anda memulai hari dengan kulit yang lebih halus sekaligus bertekstur merata.

5. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar Matahari

Manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari yang kelima yaitu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar Matahari.

Radiasi UV dari sinar Matahari dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit termasuk penuaan dini, garis-garis halus, kerutan, dan sunburn.

Dengan melawan radikal bebas dan meminimalkan peradangan, penggunaan serum vitamin C di pagi hari bisa memberikan perlindungan pada kulit dari efek buruk radiasi UV.

Meskipun vitamin C tidak dapat menggantikan sunscreen, namun memasukkannya ke dalam rutinitas skincare pagi dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan akibat sinar Matahari.

Itulah 5 manfaat menggunakan serum vitamin C di pagi hari. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya, Moms?

Selanjutnya: KUR BRI Melaju Kencang Sejak Awal 2024, Simak Cara & Syarat Pengajuan Online / Biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News