Bugar

Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tidur memang kebutuhan hidup kita. Namun, ada sejumlah bahaya tidur terlalu lama bagi kesehatan, lho. Apa saja?

Tidur adalah salah satu aspek penting dalam memelihara kesehatan. Kualitas dan kuantitas tidur yang cukup membantu tubuh untuk memulihkan energi dan menjaga fungsi-fungsi vital.

Namun, tidur yang berlebihan, terutama melebihi sembilan jam per hari untuk orang dewasa, bisa membawa dampak negatif terhadap kesehatan.

Menyadur dari Hello Sehat, berikut adalah beberapa bahaya tidur terlalu lama bagi kesehatan yang perlu diwaspadai:

1. Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Tidur terlalu lama bisa meningkatkan risiko Anda terkena diabetes dan penyakit jantung. Hal ini terjadi karena saat Anda tidur terlalu lama, Anda cenderung kurang aktif. Kurangnya aktivitas ini dapat meningkatkan risiko obesitas yang juga meningkatkan risiko kedua penyakit tersebut.

Baca Juga: Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Hindari Pantangannya Berikut Ini

2. Risiko Obesitas

Tidur berlebihan juga dapat berdampak pada berat badan Anda. Banyak tidur berarti Anda kurang bergerak atau olahraga, yang bisa meningkatkan risiko Anda menjadi obesitas. Bahkan jika Anda masih berolahraga, tidur terlalu lama tetap bisa meningkatkan berat badan Anda.

3. Risiko Stroke

Selain penyakit jantung, risiko stroke juga meningkat jika Anda tidur terlalu lama. Penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa durasi tidur yang tidak tepat, baik kurang maupun lebih, dapat meningkatkan risiko stroke.

4. Sakit Kepala

Tidur terlalu lama lebih dari 12 jam bisa membuat kepala Anda terasa berat dan akhirnya pusing. Hal ini terjadi karena selama tidur, tubuh Anda tidak mendapatkan cairan selama lebih dari 12 jam.

Baca Juga: Jus Penurun Berat Badan Paling Ampuh, Coba Konsumsi Yuk!

5. Nyeri di Seluruh Tubuh

Jika Anda tidur terlalu lama, bisa jadi Anda akan merasakan nyeri di seluruh tubuh. Ini terjadi karena Anda tidak banyak bergerak saat tidur. Tidur di kasur yang tidak nyaman juga bisa membuat Anda merasa sakit, terutama jika Anda harus tidur selama berjam-jam.

6. Gangguan Kesuburan

Baik untuk pria maupun wanita, tidur terlalu lama bisa mengganggu kesuburan. Tidur berlebih bisa memengaruhi hormon dalam tubuh yang erat kaitannya dengan kesuburan.

7. Gangguan Kecemasan

Orang dengan gangguan kecemasan mungkin tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak. Ada yang susah tidur karena cemas, tapi ada juga yang tidur terlalu lama sebagai cara menghindari kenyataan. Namun, tidur berlebih hanya akan memperparah kecemasan setelah mereka terbangun.

Baca Juga: Bisa Turunkan LDL di Tubuh, Konsumsi Buah yang Bagus untuk Kolesterol Ini yuk

8. Depresi

Orang yang tidur terlalu lama bisa jadi mengalami depresi. Meski belum jelas apakah tidur terlalu lama menjadi penyebab atau akibat dari depresi, kedua kondisi ini saling terkait.

Itulah beberapa bahaya tidur terlalu lama bagi kesehatan yang patut Anda waspadai. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News