Bugar

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan, yuk Coba!

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan, yuk Coba!

MOMSMONEY.ID - Alternatif yang layak dicoba, ini bahan alami untuk menghilangkan bau badan secara efektif. Intip daftarnya, yuk!

Bau badan yang tidak sedap bisa menjadi masalah yang mengganggu. Berbagai produk antiperspirant dan deodoran tersedia di pasaran, namun terkadang mengandung bahan kimia yang tidak cocok untuk semua orang.

Bagi Anda yang mencari alternatif alami, berikut adalah beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau badan secara efektif:

1. Lemon

Lemon efektif untuk mengatasi bau badan karena memiliki sifat yang bisa menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi bakteri. Asam dalam lemon membantu menjaga pH kulit yang cenderung asam, kondisi yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Untuk mendapatkan manfaat ini, peras lemon dan oleskan langsung ke area yang sering berkeringat seperti ketiak.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Bau Ketiak dan Tips untuk Mencegahnya di Sini, yuk!

2. Daun Sage

Dikutip dari Hello Sehat, daun sage bermanfaat untuk mengurangi aktivitas kelenjar keringat dan mengurangi produksi keringat yang berlebihan. Anda dapat membuat teh dari daun sage dan mengonsumsinya atau mengaplikasikan ekstrak daun sage langsung ke ketiak Anda untuk mengurangi bau badan.

3. Cuka Apel

Cuka apel bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami. Ini karena cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi bakteri yang berlebihan.

Anda bisa mencampur cuka apel dengan air dan mengaplikasikannya pada area ketiak untuk mengurangi bau. Metode ini efektif bertahan sepanjang hari.

Selain itu, merendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan cuka apel juga bisa membantu menghilangkan bau kaki.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

4. Teh Hijau

Bagi para penikmat teh hijau, Anda bisa memanfaatkannya sebagai solusi alami untuk bau badan. Rebus daun teh hijau, dinginkan, dan saring. Kemudian oleskan ekstraknya ke area ketiak dengan kapas, diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya.

5. Daun Sirih

Melansir dari Alodokter, daun sirih memiliki sifat antibakteri dan bisa dijadikan penghilang bau badan alami. Rebus beberapa lembar daun sirih, lalu gunakan airnya untuk membilas badan saat mandi.

Baca Juga: Penderita Kolesterol Tidak Boleh Makan Sayuran Ini, Apa Saja?

Itulah beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau badan secara efektif yang dapat Anda coba. Meskipun bahan-bahan ini efektif untuk mengurangi bau badan, penting untuk berhati-hati, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif yang mungkin berisiko iritasi.

Sebelum menggunakan bahan alami, lakukan tes di area kulit yang tidak terlalu sensitif, seperti bawah lengan atau siku. Jika terjadi reaksi alergi, sebaiknya hindari penggunaan bahan tersebut di area ketiak. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News