Keluarga

6 Jenis Makanan yang Lebih Bernutrisi Ketika Direbus

6 Jenis Makanan yang Lebih Bernutrisi Ketika Direbus

MOMSMONEY.ID - Semua makanan tentunya mengandung gizi dan nutrisi yang banyak. Namun ternyata, ada jenis makanan tertentu yang akan lebih bernutrisi ketika direbus.

Untuk mengetahui apa sajakah makanan yang dimaksud, mari kita intip ulasan berikut ini!

Kentang

Kentang adalah salah satu jenis makanan yang lebih bernutrisi ketika direbus daripada harus digoreng.

Baca Juga: 6 Minuman Detoks yang Bisa Membakar Lemak Perut, Efektif Turunkan Berat Badan

Kentang rebus

Menurut keterangan ahli yang dikutip melalui India Times, merebus kentang dengan kulit utuh bisa mempertahankan vitamin yang larut dalam air, contohnya vitamin C & B.

Kentang juga terkenal lebih menyehatkan saat direbus ketimbang digoreng karena menghasilkan kalori & lemak yang lebih sedikit, tentunya sangat bagus bagi yang ingin melakukan diet.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Bayam

Makanan yang lebih bernutrisi ketika direbus adalah bayam.

Menurut penelitian yang dilakukan Organisasi Penelitian Pertanian dan Pangan Nasional Jepang, merebus sayuran yang satu ini bisa mencegah anemia, batu ginjal, hingga mendukung kesehatan tulang, dikutip dari Only My Health.

Penelitian juga menunjukkan bahwa merebus bayam dapat mempertahankan kadar asam folat (vitamin B9) yang dapat mengurangi risiko kanker tertentu, dikutip dari HRI Heart Research Institute.

Baca Juga: Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Jamur

merebus makanan

Jamur sangat kaya akan antioksidan ergothioneine dalam jumlah besar. Senyawa yang satu ini akan dilepaskan pada saat proses pemasakan berlangsung.

Jamur yang direbus mengandung antioksidan yang dapat membantu memecah radikal bebas, yakni bahan kimia penyebab penyakit berbahaya, penuaan dini, dan merusak sel dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Jenis Alergi Makanan yang Paling Umum di Dunia, dari Telur hingga Udang

Tomat

Merebus tomat dapat meningkatkan antioksidan likopen di dalamnya. Likopen itu sendiri dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung & kanker yang mengancam.

Tomat

Adanya peningkatkan jumlah likopen berasal dari panas yang membantu memecah dinding sel tebal yang berisi nutrisi penting.

Meski merebus tomat dapat mengurangi kandungan vitamin C di dalamnya hingga sebanyak 29%, namun kandungan likopennya dapat meningkat lebih dari 50% dalam waktu 30 menit setelah dimasak.

Baca Juga: 7 Gejala dan Tanda Menyeramkan Akibat Kekurangan Magnesium

Wortel

Wortel rebus nyatanya mengandung lebih banyak betakaroten dibandingkan wortel mentah. Sebagai informasi, betakaroten ini merupakan zat yang disebut karotenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata.

Merebus wortel bersama dengan kulitnya dikatakan mengandung antioksidan 2x lipat lebih banyak. Maka banyak peneliti yang menyarankan untuk merebus wortel secara utuh, kemudian barulah diiris-iris untuk menghentikan terbuangnya vitamin penting dalam wortel.

Namun hindarilah menggoreng wortel karena bisa mengurangi jumlah karotenoid di dalamnya.

Baca Juga: 5 Cara Menetralisir Rasa Asam Masakan yang Terlalu Banyak Cuka

Brokoli

Brokoli Ayam Jamur

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang berkhasiat melawan kanker, dikutip dari Money Control.

Dengan merebus brokoli, maka sebenarnya hal ini bertujuan untuk meningkatkan pembentukan sulforaphane.

Proses perebusan membantu brokoli melepaskan myrosinase, yakni enzim yang membantu konversi glucoraphanin menjadi sulforaphane. Supaya prosesnya dapat maksimal, maka disarankan untuk merebus brokoli hanya dalam waktu singkat saja supaya gizi lainnya tak hilang.

Itulah deretan makanan yang lebih bernutrisi ketika direbus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News