Keluarga

Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

MOMSMONEY.ID - Hobi makan pisang? Ini yang akan terjadi pada tubuhmu ketika rutin makan pisang setiap hari.

Pisang termasuk salah satu jenis makanan super yang kaya akan manfaat. Rasanya yang manis bikin semua orang jadi suka makan pisang.

Namun, apakah boleh makan pisang setiap hari? Apa efeknya pada tubuh? Coba kita simak ulasan berikut ini!

Berat badan akan turun

Jika Anda mencoba untuk makan pisang setiap hari, maka perlahan-lahan berat badanmu akan turun dengan cara yang sehat.

“Pisang dapat mendukung penurunan berat badan yang sehat bisa dikombinasikan secara tepat bersama protein, serat, dan lemak sehat,” ujar Allison Thibault, seorang ahli diet yang dikutip melalui Parade.com.

Baca Juga: Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Pisang mengandung pati resisten yang tinggi, mendukung gula darah yang sehat dan mencegah lonjakan maupun penurunan energi yang sebabkan makan berlebih dan penyimpanan lemak.

Baca Juga: Dianjurkan Para Ahli, Ternyata Ini 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit Setiap Hari

Antioksidan dalam tubuh meningkat

Di antara jenis buah lainnya, pisang cukup kaya akan antioksidan. Jika Anda berusaha rutin makan pisang setiap hari, Anda akan mendapatkan banyak manfaat mulai dari kulit yang sehat, hingga mencegah radiasi penyebab kanker.

Penelitian yang diterbitkan Food Science & Nutrition dalam MSN.com mengeksplor sifat antioksidan dan potensi antikanker dari daging pisang. Hasilnya menunjukkan bahwa kkomponen utama kulit pisang memberikan kualitas antioksidan eksponensial pada buah pisang.

Baca Juga: 7 Jenis Magnesium Berbeda dan Khasiatnya bagi Tubuh, Ada yang Bisa Obati Kecemasan!

Jantung jadi sehat

makan pisang setiap hari

Tahukah Anda, kadar potassium yang tinggi bisa membantu menyehatkan jantung? Dan kadar potassium yang tinggi ada pada sumbernya, yakni pisang.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Alabama Birmingham menemukan adanya penurunan tingkat kekakuan aorta dengan pola maka kaya kalium. Ini mengonfirmasi efek positif potassium pada fungsi jantung.

Menurut WHO, saat ini orang lebih banyak makan garam dan kekurangan potassium. Dengan makan pisang setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Baca Juga: Konsumsi Rutin, Ini 5 Minuman Detoks yang Bikin Lemak Perut Hancur

Meningkatkan kualitas tidur

Para ahli diet disertai bukti ilmiah menunjukkan bahwa makan pisang di malam hari membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebab magnesium & triptofan dalam pisang membantu mengendurkan otot.

“Magnesium membantu mengendurkan otot, yang berarti tidur lebih nyenyak,” kata Dr Christine Bishara.

Para wanita yang kerap mengalami tegang otot seperti krama atau pegal-pegal, ini disebabkan karena kekurangan magnesium. Penting untuk makan pisang setiap hari beberapa jam sebelum tidur agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca Juga: Betulkah Penderita Diabetes Tipe 2 Kerap Alami Peradangan? Ini yang Harus Dilakukan

Bikin mood bahagia

Bahagia

Makan pisang setiap hari bisa bantu mood Anda jadi lebih bahagia, karena tubuh akan memproduksi lebih banyak serotonin & dopamin.

Pisang kaya akan triptofan yang merupakan bentuk sintetis dari serotonin. Dalam penelitian pada Archives of Psychiatric Nursing dijelaskan bahwa meski tubuh tak bisa membuat triptofan, tapi cara ini dapat membantu meningkatkan laju produksi serotonin. Artinya, makan pisang setiap hari mendorong tubuh lebih banyak serotonin.

Pisang juga mengandung vitamin B6 yang tinggi, dan menurut Healthline dapat membantu konversi triptofan menjadi serotonin

Baca Juga: 7 Jenis Alergi Makanan yang Paling Umum di Dunia, dari Telur hingga Udang

Berapa banyak pisang yang harus dimakan?

Pisang

Tidak ada aturan baku mengenai kapan dan harus berapa banyak makan pisang dalam sehari. Mengonsumsi 1-2 buah pisang setiap hari tak akan menimbulkan efek apapun.

Namun untuk orang yang memiliki penyakit ginjal kronis harus membatasi pisang dan makanan tinggi potassium lainnya untuk mencegah kerusakan, dikutip dari Eating Well.

Terlalu banyak makan pisang atau makanan tinggi kalium menyebabkan kelebihan kalium dalam tubuh yang disebut Hiperkalemia. Jadi, sebenarnya tak ada masalah jika Anda hanya makan 1-2 pisang setiap harinya.

Itulah sederet efek yang akan terjadi pada tubuhmu jika Anda makan pisang setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News