Keluarga

6 Cara Tepat Memasak Santan Supaya Tak Pecah dan Hambar saat Dipanaskan

6 Cara Tepat Memasak Santan Supaya Tak Pecah dan Hambar saat Dipanaskan

MOMSMONEY.ID - Supaya santan tak pecah saat masak hidangan Lebaran, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan.

Santan yang pecah akan menimbulkan perubahan warna & rasa pada masakan. Jika tak ingin terjadi hal tak terduga seperti ini, maka Moms harus mengetahui beberapa hal penting berikut ini.

Pertama-tama, kualitas santan yang baik berpengaruh besar terhadap rasa masakan. Selain itu, kualitas santan juga berpengaruh terhadap pecah atau tidaknya santan. Sebab jika santan pecah, maka rasanya akan berubah jadi hambar & bikin masakan jadi tak enak.

Agar santan tidak mudah pecah, Moms perlu memilih santan dengan kualitas terbaik. Berikut cara-cara masak santan agar tidak pecah, dilansir dari Omela.

Baca Juga: 8 Ragam Bagian Daging Sapi sesuai Karakteristik Kealotan Daging, Jadi Masakan Apa?

Tambahkan tepung beras

Cara memasak santan agar tidak pecah bisa dilakukan dengan menambahkan tepung beras.

Caranya, Anda bisa mencampurkan santan dan sedikit tepung beras. Tenang, rasa santan tak akan tiba-tiba berubah, kok! Setelah itu, barulah masukkan santan tadi bersama bahan lain dan aduk perlahan hingga mendidih. Dijamin santan tidak akan pecah!

opor ayam bumbu putih dimasak menggunakan santan

Baca Juga: 7 Perbedaan MSG versus Garam, Mana yang Lebih Membahayakan Kesehatan?

Pakai jenis santan yang sesuai

Melansir dari Sajian Sedap, jenis santan yang tak sesuai resep akan membuat santan jadi mudah pecah.

Jika dalam resep harus menggunakan bahan santan cair, maka jangan pernah menggunakan santan kental. Sesuaikanlah dengan apa yang diintruksikan.

Mengaduk santan

Santan akan pecah dan menggumpal apabila tidak diaduk. Ini disebabkan karena lemak kelapa akan berpisah dengan air jika didiamkan terlalu lama.

 Maka dari itu, cara memasak santan agar tidak pecah adalah dengan cara mengaduknya secara konsisten terus menerus dengan gerakan perlahan.

Baca Juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Lebaran, Kolesterol Menjauh!

Masak santan pakai api kecil

Santan

Baca Juga: Resep Anti Kolesterol Masak Ayam Kalio Bumbu Padang Berkuah Susu Kedelai

Supaya santan tidak pecah, cara memasak santan yang benar pertama-tama haruslah dimasak menggunakan api kecil.

Memasak santan dalam api yang terlalu besar dan suhu yang terlalu panas akan membuat santan pecah. Ini menyebabkan santan dan bumbu lainnya tidak tercampur rata.

Pisahkan santan dengan asam

Santan pecah apabila disatukan dengan bahan asam. Agar santan tidak pecah, maka jauhkan santan dari segala bahan yang mengandung asam seperti perasan jeruk nipis, dan sebagainya.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Bumbu Putih, Masakan Lebaran Pelengkap Ketupat Hari Raya

Jika Anda ingin makanan ada sedikit rasa asamnya, maka Anda bisa menambahkan perasan air jeruk setelah santan matang. Cara yang satu ini juga dapat membuat santan jadi tidak mudah pecah.

Campur santan di tahap terakhir

Jika ingin memasak makanan menggunakan santan, maka masukkan santan pada tahap terakhir masakan. Ini akan membuat santan tetap dingin sehingga santan tidak pecah.

Nah, itulah beberapa cara memasak santan agar tidak pecah sekaligus cara memilih santan yang berkualitas baik. semoga artikel ini bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News